Langkah Penting dalam Mendapatkan Pekerjaan Impian

Tahukah Anda? Menurut sebuah studi penelitian, lebih dari 40% pekerja merasa bahwa pekerjaannya bukanlah pekerjaan impian mereka, sedangkan 38%-nya termasuk golongan orang yang juga sedang bekerja namun masih tetap membuka pintu kesempatan bagi pekerjaan lainnnya yang lebih menjanjikan, dan sisanya yaitu 18% masih berjuang mencari pekerjaan.

Banyaknya lulusan pelajar maupun mahasiswa setiap semesternya, menambah pula daftar panjang para pencari kerja dalam berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan.

Lantas, bagaimana sebenarnya langkah yang tepat untuk dapat dilirik oleh divisi perekrutan suatu perusahaan?
Berikut ini adalah beberapa langkah yang patut dicoba:

1. Temukan bakat, minat, dan gairah Anda dalam bekerja.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menemukan bakat, minat, serta sesuatu yang menjadi gairah Anda dalam melakukan pekerjaan.

Lalu diharapkan, Anda dapat menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

2. Perbarui serta sesuaikan CV dan Cover Letter Anda.

Ubahlah tampilan CV Anda sesuai perkembangan saat ini yang lebih minimalis dan ringkas, agar terlihat profesional dan masa kini. 

Jika Anda belum memiliki riwayat pekerjaan, dapat pula di isi dengan pengalaman lainnya dalam lingkup sosial maupun organisasi. 

Seperti pekerjaan sampingan, menjadi sukarelawan, pengerjaan proyek bersama teman-teman, dan sebagainya. 

Tulis juga Soft Skills yang merupakan penggambaran diri Anda secara ringkas, misalnya dalam tiga hal yaitu gairah, kreativitas, dan antusiasme. 

Sertakan pula Cover Letter dengan bahasa yang lugas dan menjanjikan, namun tidak bertele-tele dan berlebihan. Jangan lupa untuk menyesuaikan Cover Letter Anda dengan posisi dan perusahaan yang akan Anda lamar. 

3. Teruslah melamar pekerjaan.

Sebelum mendapat hasil positif dari serangkaian tes dan wawancara yang telah dilakukan, ada baiknya Anda terus melamar pekerjaan. 

Selain untuk mempersingkat waktu, juga untuk menghadapi skenario terburuk terhadap hasil wawancara tersebut.

4. Berpakaian layaknya profesional dan jadilah diri Anda sendiri.

Bukan rahasia umum, jika deretan perekrut kerja melihat tampilan luar pencari kerja terlebih dahulu. Karena, penampilan tersebut merupakan interpretasi dari keprofesionalisan dan antusiasme kita dalam menyambut dunia kerja. 

Setelahnya, tentu menjaga imej dalam bersikap dan bertutur kata selama wawancara. Namun, bukan berarti dengan tidak menjadi diri kita sendiri. Jujur dan berkata lugas disertai semangat namun tetap terlihat tenang adalah salah satu poin penting yang sangat diperhatikan dalam proses perekrutan ini.

 Jangan pernah menunjukkan keraguan, apalagi menjelekkan atasan maupun perusahaan sebelumnya.

5. Selalu memiliki rencana B dan C.

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya 
adalah memiliki rencana candangan. Maksudnya adalah untuk bersikap realistis dengan menerima kenyataan, seandainya Anda masih juga belum mendapatkan pekerjaan dari yang telah Anda lamar. 

Contohnya, seperti mencoba mencari pekerjaan sesuai dengan kemampuan serta minat Anda yang lain, mempelajari bahasa asing atau hal baru lainnya sambil terus melamar pekerjaan, dan sejenisnya.

Mendapatkan pekerjaan, tentu tidak semudah membalikkkan telapak tangan. Namun, tak ada pula usaha keras yang tak membuahkan hasil. 

Diharapkan, dengan mengikuti semua langkah di atas dengan seksama dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. 


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama