Bisnis Paling Menjanjikan Di Era Digital

Di zaman serba canggih sekarang ini, semua orang seakan dituntut untuk dapat melakukan berbagai hal dalam kehidupan sehari-harinya dengan menggunakan teknologi. Karena tak ada hal yang tidak tersentuh oleh teknologi di era digital, mulai dari berkomunikasi, belajar, bekerja, berbelanja, hingga sekedar mengisi waktu luang dan menghilangkan kejenuhan. 

Terutama semenjak berlangsungnya pandemi Corona, banyak pemerhati ekonomi telah meramalkan kemungkinan bisnis yang berkembang pesat dengan menggunakan internet. 

Tentunya karena modal yang digunakan tidaklah terlalu besar jika dibandingkan dengan cara konvensional, dan justru makin menjangkau lingkup yang lebih luas lagi. Sehingga akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih maksimal dengan cara yang lebih efektif. 

Sejauh ini, ada 3 kategori bisnis di era digital yang patut Anda coba:

Toko Online.

Semenjak 5 tahun belakangan, toko online baru mulai ramai dan mendapatkan kepercayaan dari para calon pembeli. Hal ini dikarenakan, keraguan dan ketakutan dapat di tipu pada transaksi jual beli yang tidak berinteraksi secara tatap muka. Namun, semua berubah ketika orang-orang mendapatkan pengetahuan lebih mengenai hal tersebut dan mulai keluar dari zona nyaman. 

Begitu banyak marketplace atau tempat untuk kita menjajakan barang dagangan kita secara gratis, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Makin memudahkan pula bagi para pembeli karena diberikan berbagai pilihan metode pembayaran yaitu melalui transfer rekening hingga melalui agen yang bekerjasama seperti Alfamart dan Indomaret.

Bisnis Dropship juga termasuk dalam kategori toko online ini, yaitu menjual produk yang didapat langsung dari supplier yang tersebar di banyak akun sosial media Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya. 

Dibandingkan dengan memiliki website, tentu cara-cara diatas jauh lebih mudah dan murah terutama bagi para pemula. Memudahkan para pembeli pula dalam memilih produk berdasarkan kategori yang mereka inginkan. 

Belanja online dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun hanya dengan sentuhan jari Anda. Kemudahan inilah yang menjadikan peningkatan pada transaksi jual beli melalui online, semua orang ingin mendapatkan barang yang mereka inginkan secara praktis dan juga cepat.

Blogger dan Vlogger.

Berkaitan dengan kebiasaan orang-orang yang cenderung semakin sibuk dengan aktivitas keseharian mereka namun tetap ingin mengikuti perkembangan berita dan menghibur diri mereka. Maka hadirlah berbagai bentuk hiburan secara online, diantaranya yaitu melalui blog dan vlog yang berupa tulisan dan video yang dapat diakses dengan menggunakan internet. 

Maka, seketika itu pula bermunculanlah para pengembang atau orang-orang yang berada di balik blog dan vlog ini, yang disebut dengan Blogger dan Vlogger. Bahkan, sematan Youtubers kini lebih dikenal dibandingkan vlogger karena mengacu pada situs Youtube, tempat nomor satu di dunia dalam mengakses berbagai video. 

Mereka terus berupaya untuk selalu menyediakan konten-konten yang dapat menarik perhatian pembaca maupun penonton. Dengan begitu, mereka dapat menghasilkan pendapatan melalui iklan-iklan yang masuk. 

Hal ini berlaku sama, baik bagi blogger maupun Youtuber. Pendapatan mereka melalui iklan ini ditaksir dapat meraup jutaan hingga milyaran rupiah setiap bulannya, tergantung dari banyaknya pengunjung tetap mereka masing-masing. 

Layanan Jasa Online.

Seperti halnya menjual produk secara online, peluang bisnis di era digital yang lain adalah layanan jasa online. Beberapa diantaranya yang paling dibutuhkan saat ini yaitu jasa transportasi, pengiriman barang, pemesanan tiket, dan sebagainya. 
Selain dapat dilakukan dengan cepat dan praktis melalui aplikasi smartphone, informasi yang didapatkan akan jauh lebih detail jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Salah satunya pada layanan jasa transportasi yang dipesan secara online seperti Gojek dan Grab, yang menyajikan fitur data pengemudi serta rute jalan sehingga menciptakan kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan.   

Sedangkan bagi pelaku bisnis jasa online ini juga mendatangkan keuntungan berlipat, karena internet menjadikan cakupan konsumennya lebih meluas dan merata. 

Suatu strategi pemasaran yang spesifik bagi sebuah merek yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama, sebelum memasuki era digital.

Itulah ketiga kategori bisnis yang diprediksi memiliki peluang jangka panjang sangat menjanjikan dalam era digital. 

Terutama jika para pelaku bisnis dapat terus mengembangkan masing-masing fitur yang telah mereka miliki sembari mengamati perkembangan teknologi internet yang nantinya pasti akan semakin canggih lagi.


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama