Usaha Potong Rambut Jasa Yang Tak Pernah Sepi

                  ilustrasi potong rambut

Usaha dalam bidang jasa - Jasa merupakan suatu pekerjaan yang mulia karena menolong orang dengan kemampuan yang dimiliki.

Jasa salah satu pekerjaan yang apabila dinikmati bahkan menjadi hobi akan memberikan penghasilan yang optimal. Meskipun setiap pekerjaan pasti ada resikonya namun dibidang jasa apabila dilakukan secara profesional kemunkinan kecil resiko yang dihadapi.

Setiap hari akan mendapatkan pengalaman baru dan meningkatnya skill sebab jam terbang akan senantiasa dilakukan. 

Masyarakatpun sekarang banyak menggunakan jasa untuk pengembangan dirinya (meningkatkan skill), perbaikan peralatan, survei, perawatan diri (potong rambut, salon kecantikan), konsultasi kesehatan dan lain sebagainya apabila dirunut maka banyak sekali.

Ini juga bisa menjadi referensi peluang usaha bagi kita sebab jasa akan terus digunakan dan bisa menjadi income jangkah panjang. Menarik bukan?

Salah satu contoh nih jasa yang tak pernah redup walaupun ada berbagai faktor yaitu jasa potong rambut (babershop) wah di komplek kita berada tidak ada namanya orang tidak menggunakan jasa ini selain jarang yang mau memotong rambut kepala orang lain karena sibuk juga sebagai kepercayaan konsumen terhadap pemotong rambut itu sendiri yang sudah profesional makanya tukanh potong rambut tidak pernah sepi. Pasti ada yang potong rambut.

Mari kita analisa berapa modal dan laba yang diperolah dari membuat jasa potong rambut ini, mari kita simak.

Penentuan Lokasi 

Jangan dianggap sepele perihal lokasi sebab lokasi menentukan banyam tidaknya income yang akan kita peroleh.

Cari lokasi yang strategis dalam artian yang dilalui banyak orang atau kendaraan yang kemunkinan melihat jasa yang kita buka supaya kemunkinan besar singgah untuk menggunakan jasa potong rambut kita.

Persiapan peralatan 

Dalam memilih peralatan tentunya carilah perlatan yang berkualitas dan awet sebab apabila awet kita tidak sering menyervice dan juga ganti baru.

Di beberapa toko online dan ecomerce banyak sekali produk yang ditawarkan ada yang dijual per item dan ada juga dijual per sett tentunya sesuai kemampuan masing-masing.

Kisaran harga persetnya yaitu Rp. 1.000.000,- 1.300.000,- apabila anda lebih jelih maka anda bisa membeli per item yang tentunya bisa memilih lebih detail kualitas dan merk yang di tawarkan. Biasanya dalam satu set ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ini beberapa peralatan yang sering digunakan :

1. Properti 

Peralatan kenyamanan konsumen ini perlu dipikirkan karena konumen yang datang apabila jasa pelayanan, hasil, dan juga tempat yang nyaman maka konsumen akan datang kembali.

A. Kursi potong rambut (baber chair)

Kisaran harga termurah Rp. 1.000.000,- 5.000.000,- tidak salahnya membeli dengan harga tinggi sebab ini merupakan investasi di barang buat kebutuhan usaha yang kemunkinan besar penggunaanya jangka panjang

B. Kipas angin bisa AC juga bisa

Menurut pengamatan saya beberapa tempat potong rambut mempunyai konsumen dengan kelas masing-masing dari menengah ke bawah sampai menengah atas.

Peralatan kenyamanan ini tergantung dari lokasi anda ingin membuka jasa tersebut. Apabila berada pada daerah yang tropis gunakan kipas angin atau ac sangat diperlukan selain itu juga biasanya terjadi antrean yang melelahkan bagi konsumen yang menunggu.

Tips : selain itu diberikan kencayaman berikan juga nilai lebih. Seperti contoh ketika saya berada di Jogja banyak babershop dan tukang cukur rambut memberi nilai lebih misal secangkir minuman hangat, permen, dan disediakan koran atau majalah untuk membaca membuat efek lebih itu sangat bagus agar menarik minat konsumen.

Kisaran harga : kipas angin Rp. 100.000,-
 Ac 3.000.000,- kita pilih kipas terlebih dahulu apabil ingin lebih ekonomis. 

C. Kaca (cermin)
 
Merupakan properti yang harus ada dan apabila anda menginginkan lebih rapi bisa custom di tempat pengrajin kaca. 

Langkah selanjutnya 

Apabila kebutuhan dasar sudah disiapkan maka selanjutnya kita hitung beberapa biaya yang diperlukan dan analisa keuntunganya sesuai rata-rata estimasi :

Biaya Tetap Sewa 

Biaya sewa ruko atau tempat : Rp. 8.000.000,-/ tahun

Biaya operasional per bulan : 

- Biaya Pekerja : Rp. 2.500.000,-
- Listrik : Rp. 200.000,-
- Uang makan Rp. 15.000,-/ hari x 26 hari estimasi minggu libur = Rp. Rp. 390.000,-
- Galon air minum = Rp. 20.000,- 
- Tisue,Shampo dan pendukung lainya Rp. 100.000,- 
- Shaving Cream Rp. 95.000,- 

Biaya penyusutan peralatan atau kerusakan Rp. 100.000,- /bulan 

Total keseluruhan modal operasional : Rp. 3.405.000,- 

Jumlah modal keseluruhan awal :
Sewa ruko.  : Rp. 8.000.000,-
Properti        : Rp.1.100.000,-
Operasional : Rp. 3.405.000,-
Total              : Rp. 12.505.000, 

Pendapatan per har estimasi 15.000,- x 20 orang maka pee hari Rp. 300.000,- x 26 hari = Rp. 7.800.000,- 

Pendapatan - Operasional = Laba bersih
7.800.000,- - 3.405.000,- = Rp. 4.395.000,- 

Maka BEP atau balik modalnya : 

Total modal / laba bersih = BEP
12.505.000,- / 4.395.000,- = 2,8 bulan berarti kisaran 86 hari dengan asumsi rata-rata pendapatan seperti itu.

Di atas merupakan gambaran dari sebuah usaha babershop atau jasa potong rambut sesuai analisa dan estimasi kemunkinan bisa terjadi perbedaan jauh namun setidaknya gambarannya seperti itu. Bila ada kekurangan saya mohon maaf. Semoga bisa menjadi sedikit referensi sobat semua.

2 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama