Persiapan Yang diperlukan Untuk Membuka Usaha Rental Camping

Persiapan Yang diperlukan Untuk Membuka Usaha Rental Camping

Analisa Membuka Usaha Jasa Rental Camping

Siapa yang di sini mau merencanakan liburan ke puncak?. Ayo pasti sudah sibuk menyiapkan perbekalan yang akan dibawa. Apalagi kalau budgetnya pas-pasan, wah gk asyik kalau gk lengkap. Mau beli harga peralatan outdoor camping tidak terjangkau. 

Jadi deh berpikir mencari solusinya, tepat banget solusinya menyewa peralatan. dan tidak semua tempat wisata ada tempat penyewaan alat camping loh. Kecuali daerah itu benar-benar wilayah yang cukup banyak digemari pendaki gunung, seperti pecinta alam dan sebagainya. 

Contohnya saja di Bandung, kamu gk akan menemui setiap sudut kota menyewakan peralatan camping. bisa dihitung dengan jari. Contoh di daerah lain di Yogyakarta juga bisa dihitung dengan jari tempat -tempat penyewaan peralatan Camping. Menurut analisa saya kemunkinan orang mengira sedikit yang akan menyewa, atau tidak setenar tempat lainya jadi masih ragu untuk membuka jasa penyewaan ini. 

Saya menuliskan analisa ini berdasarkan pengalaman saya kenal dengan pemilik tempat penyewaan camping ini. Jadi saya masih mengingat berapa kisaran dan bagaiamana prospeknya, bagaimana manajemenya, dan tentunya ada resiko dari kehilangan produk milik kita yang dilakukan oleh oknum penyewa yang nakal. 

saya akan memberikan gambaran apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai usaha ini. Apabila ada yang kurang atau lupa bisa ditambahkan di kolom komentar ya. Yuk kita simak : 

SEWA TEMPAT 

Walaupun sekarang sudah online tetap saja kita melakukan penyewaan tempat agar bisa mendapatkan pelanggan offline dan juga penyewa bisa melihat barang apa saja yang akan di bawa. Bisa memberikan daya tarik bagi penyewa untuk menyewa selain dari apa yang menjadi fokus mereka. 

Tempat sebenarnya opsional ya, kalau memang kamu belum mampu menyewa tempat yang luas. Coba kamu menyewa tempat yang minimalis terlebih dahulu, tetapi terkesan rapi. Biasanya tempat penyewaan camping ada di pinggir jalan kota, ada juga di pinggir jalan kabupaten, bisa juga di tempat yang kita lihat tingkat keramaianya, atau lorong jalan bisa dengan memberikan plang nama tempat penyewaan kita. Sesuai budget rekan-rekan semua. Untuk harga dan analisanya bisa teman-teman isi sendiri ya biasanya sewa tempat minimalis sekitar 10 - 20 juta/tahun. 

DEKORASI RUANGAN DAN ETALASE UNTUK TEMPAT PERALATAN 

Mengingat peralatan camping ada yang memang perlu penyimpanan yang terjaga dengan baik, ada juga yang dibiarkan menggantung tidak jadi masalah. Kelompokanlah peralatan yang sesuai dengan tempat yang enak di lihat dan rapi. 

Rak kayu atau plastik untuk meletakan barang seperti matras, sleeping bagtenda dome, sepatu. Kita juga memerlukan gantungan untuk mengaitkan tas carier, dan susunlah sesuai dengan kelompok berapa liter muatan tas carier tersebut.

Kemudian, kamu butuh yang namanya etalase kaca supaya pengunjung bisa melihat peralatan yang akan disewa terutama barang elektronik seperti Talkie WalkieGPS, Kompas dan lain sebagainya. apabila ditaruh di sembarang tempat akan mengurangi estetika dan juga mudah terkena kelembaban, serta menghindari oknum yang mencuri. 

 

PERLENGKAPAN PEMBUKUAN 

Dalam memuat catatan pembukuan kita harus membeli atau custom nota peminjaman yang dirangkap 2, satu untuk penyewa dan satunya lagi untuk kita. Bila tidak dirapikan seperti ini maka pencatatan akan menyusahkan apabila kita melakukan SO (Stock Opname) pada setiap bulanya. 

 

PERALATAN YANG DIPERLUKAN 

Saya akan memberi list beberapa harga perlengkapan yang saya cari harganya di berbagai market place online : ini hanyalah kisaran harga dan untuk lebih detail update harga kemunkinan berbeda pada saat tanggal akses artikel ini. 

1.Tenda 

Biasanya dikelompokan berdasarkan jumlah kapasitas, ada yang berkapasitas 2, 4, 6, 8 orang dan hargannya pun berbeda beda kisaran dari harga Rp 165.000,- S.d > Rp 1.000.000,- berdasarkan merk dan Kapasitas

2. Peralataan Memasak dan Makan  : 

  • Kompor   
  • Cooking Set

Perlengkapan yang wajib di bawa pendaki adalah peralatan memasak yang aman dan bisa dihandalkan Harga untuk kompor kisaran Rp. 55.000 -  Rp 285.000,- berdasarkan merk dan bentuk kompor. Cooking Sett  (nesting, panci, sendok, piring plastik, dll) kisaran harga Rp.295.000,-.

3. Peralatan Tidur : 

  • Sleeping Bag
  • Matras

4. Peralatan Penerangan : 

  • Headlamp
  • Senter
  • Solar Panel
  • Korek Api

5. Jaket 

6. Pisau

7. Peralatan Tracking :

  • GPS 

8. Peralatan Komunikasi :

  • Hand Talkie
  • Talkie Walkie  

MENGHITUNG BEBERAPA BIAYA YANG PERLU DIRINCIKAN :

1. BIAYA TETAP (Fixed Cost)

Biaya tetap merupakan biaya yang dikeluarkan secara tetap dalam kurun waktu periode tertentu dari sebuah usaha. Biaya tetap akan selalu sama dan tidak berpengaruh pada biaya yang lain seperti biaya operasional, dan lain sebagainya. Biaya tetap pada usaha ini yaitu :

  • Sewa Tempat
  • Gaji Bulanan Yang Upahnya Tetap
  • Biaya Listrik
  • Biaya Air
  • Biaya Kebersihan Rutin

2. Biaya Variabel 

Agar kita mudah mengelompokan mana biaya yang berubah-rubah sesuai kondisi dan keadaan usaha kita, sebaiknya kita juga harus memanajemen biaya variabel ini agar usaha yang kita jalankan berjalan dengan baik. 

Beberapa contoh biaya Variabel pada usaha Jasa Rental Peralatan Camping 

ini yaitu :  

  •  Upah Pekerja Yang Dibayar Berdasarkan Target Per hari atau perminggu
  •  Komisi Bonus dari Hasil Penyewaan 
  •  Biaya Kerusakan Peralatan Camping
  •  Biaya Operasional Transportasi bisa jasa antar Sewa

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama