Tips Supaya Tetap Komitment Walaupun Banyak Pilihan

Tips Supaya Tetap Komitment Walaupun Banyak Pilihan

Tips Supaya Tetap Komitment Walaupun Banyak Pilihan
Ilustrasi : Komitment dalam bekerja

Halo.., masih ditemeni oleh Satria semoga  kita sehat dan bahagia  selalu sobat . Dalam kehidupan sehari - hari kita sering mengalami berbagai tantangan hidup.


Banyak sekali yang bilang apabila kita ingin fokus ke satu tujuan harus mengikuti alur itu saja, jangan ke sana ke mari nanti malah bisa berantakan. Tantangan hidup yang kita lakukan harus selalu difokuskan supaya kita bisa melewatinya.

 

Ada benarnya juga apabila kita analogikan seperti sebuah cermin pembakar terpusat satu titik akan membakar sebuah kertas begitulah gamparan kekuatan sebuah titik fokus.

 

Selain itu juga, kita lebih mudah mencapai berbagai goal atau tujuan yang ingin diraih karena setiap permasalahan yang ada  lebih terarah, terorganisir, detail serta kita lebih serius dalam menanganinya.

 

Sebuah tujuan harus dicapai berdasarkan misi tertentu atau cara bagaimana menggapai tujuan tersebut. “Banyak jalan menuju Rhoma.” begitulah pepatah mengatakan.


Ada berbagai macam cara yang bisa di tempuh mau yang instan ataupun yang sulit tapi menghasilkanya lebih maksimal itu tergantung individu masing-masing. Sesuai kemampuan dan kemauan yang di miliki.

 

Biasanya dalam proses mengejar tujuan tersebut munculnya keinginan ingin berhenti di tempat (rehat) terlebih dahulu, ada yang langsung memutuskan tidak melanjutkan bahkan mundur ke belakang yang mirisnya lagi malah frustasi dengan keadaan semoga tidak kejadian dengan diri kita ya. Aamiin..

 

Pokoknya sering sekali penulis temui kata-kata mengeluh, pesimistis, menyalahkan orang lain, menyalahkan nasib, penyesalan dan lain sebagainya.


Memang kita sebagai manusia hanya bisa bertindak (ihtiar) dan mencoba selalu mencoba masalah hasil apabila proses sudah bagus kemunkinan kesuksesan akan datang.

 

Mendengar kata komitment kita sering takut karena identik dengan sesuatu yang mutlak tidak bisa diganggu gugat, bersifat absolut harus seperti itu. Saya akan  membahas permasalahan komitment bermakna yaitu upaya untuk mencapai sesuatu tidak keluar jalur dari yang telah direncanakan sebelumnya.

 

Ibarat sebuah kereta api meskipun melewati jalur rel yang berbeda  namun pada akhirnya akan tiba pada stasiun yang sama. Pengertian komitment menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) bermakna bahwa komitment sebagai perjanjian untuk melakukan sesuatu; kontrak: .

Jadi komitment merupakan perjanjian yang terikat seperti berjanji pada diri sendiri, organisasi, orang lain yang harus di jaga agar sesuai dengan kesepakatan awal.

 

Seperti contoh ada seorang yang berkomitment akan memberikan bebeberapa persen keuntungan hasil penjualanya untuk dana sosial kemasyarakatan. Pada saat waktunya tiba beliau tidak menepati janjinya, berarti beliau telah melanggar kesepakatan terhadap diri sendiri maupun orang lain yang mendengarnya.

 

Apabila seseorang sering tidak sesuai kesepakatan maka dapat dikatakan orang yang sering ingkar janji bahkan sulit dipercaya yang akan merugikan diri sendiri.

 

Namun sebaliknya apabila dia menjadi orang yang selalu komitment maka kepercayaan dan menjadi orang yang amanah yang akan diperolehnya.

Sebelum saya membahas Tips Supaya Tetap Komitment Walaupun Banyak Pilihan ada baiknya saya menjabarkan manfaat dari komitment :


Menjadi Orang Yang Bisa Dipegang Omonganya


Di zaman sekarang ini tidak mudah mencari sosok yang komitment banyak sekali orang yang pandai dalam berbicara namun pada kenyataanya sering melanggar kesepakatan.

 

Banyaknya pilihan membuat dia mudah tergiur bahkan di cap sebagai orang yang plin plan bahkan ada yang menjulukinya seperti air di daun keladi kemana arah dia akan mengikuti.


Teguh Pendirian


Kuat tidak harus orang yang dukungan saja orang yang teguh pendirian karena komitmentya itu merupakan kekuatan super.

 

Mereka adalah orang-orang yang tangguh tidak mudah goyah di terpa ujian dan cobaan yang penting jalan terus sesuai goal atau tujuan yang di inginkan.


Menggapai Kesuksesan


Orang yang berkomitment biasanya berani menghadapi berbagai resiko dan konsekuensinya sehingga dia mampu melewati berbagai rintangan badai menjadikan dia banyak sekali belajar dalam kegagalan.


Makna hidup yang perlu di tempuh kesuksesanpun akan datang menghampiri. Sebuah proses tidak menghianati hasil sebab melalui proses yang dilakukan dengan komitment kuat akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan.


Seperti contoh tokoh - tokoh terkenal di dunia Bell Gates pemilik perusahaan Microsoft dia berkomitment membuat produknya terkenal di dunia maka mimpinyapun terwujud, Lee Kun Hee melalui produk samsungnya mmapu membuat pendapatan luar biasa untuk Negara korea selatan karena mempunyai komitment yang kuat untuk merubah manajamen perusahaanya,

 

 Thomas Alva Edison penemu bolamp lampu listrik mempunyai komitment dari semangat orang tuanya dalam mendidik meskipun di waktu kecil banyak sekali rintangan.

Menjadikan komitment sesuatu yang wajib kita miliki dilihat dari sisi manfaatnya yang luar biasa. Kalau bukan dari sekarang kapan lagi kalau tidak dari diri sendiri siapa lagi.

Inilah beberapa cara agar kita bisa mempertahankan nilai baik ini di dalam kehidupan kita sehari-hari :


Setiap Masalah Pasti Ada Solusi


Dunia dicipatakan dengan banyak sekali permasalahan selagi kita masih bernafas tidak ada yang tidak mengalami masalah apapun itu. Baik besar maupun kecil sebuah permasalahan pasti ada jalan keluar yang diperolah asal kita mau berusaha.

 

Apabila kita sudah berusaha semaksimal munkin namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan maka itula nasib atau garis kehidupan.

 

Jadi mulai sekarang hadapi masalah dengan masalah kita menjadi lebih berhati-hati dan mencari jalan yang terbaik.


Anggap saja semua itu sebuah resiko


Fakta menyatakan bahwa sekecil apapun pekerjaanmu pasti ada resiko yang kita akan terima. Percaya atau tidak terkadanag kita mengabaikan resiko-resiko tersebut, sikap kita tersebut mencerminkan bahwa kita berarti berani menghadapi resiko.

 

Orang yang berani mengambil resiko berarti dia telah berkomitment karena tak memperdulikan lagi apa yang terjadi terpenting mencapai tujuan  tentunya sesuatu hal yang menarik ya.


Cari akar permasalahanya


Membuat seseorang tidak mau berkomitment dengan apa yang sudah menjadi kesepakatan adalah tidak mau mencari benang merah atau titik tengah dari setiap permasalahan.

 

Dia menganggap bahwa permasalahan yang terjadi seperti benang kusut tanpa ada titik temu kembali.

 

Itu tidak benar, karena sekusut-kusutpun benang apabila kita sabar dan teliti mengurutkan setiap permasalahan yang terjadi maka akan menemukan titik terang. Jangan mudah menyerah kuncinya.


Jangan Mudah Tergiur


Tahukah kita kalau kita sedang mendapkan banyak pilihan contohnya ketika kita memlih baju di mall kita serba bingung mau yang harga murah tapi biasa apa yang lebih bagus tapi mahalan dikit atau apa lagi yang ini yang itu terlalu banyak pilihan sehingga lupa yang menjadi tujuan utama.

 

Terlalu banyak pilihan boleh asalkan kita sudah komitment dengan ciri atau spesifik yang kita cari.

 

Membuat kita mudah tergiur salah satunya mengganggap rumput tetangga lebih hijau. Orang lain ingin seperti ini beliau ingin seperti ini menjadi bahan perbandingan, program kerja ini lebih bagus padahal program kerja sebelumnya belum selesai hasilnya.

Begitu dinamis tetapi tidak melihat dari prosesnya terlebih dahulu, terlalu gegabah dalam mengambil sebuah keputusan.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga baca: Pentingnya Sikap Empati Sesama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama