Tips Mendapatkan pekerjaan yang diinginkan

Tips Mendapatkan pekerjaan yang diinginkan


Penulis : satria


Salah satu cara manusia untuk memperoleh pendapatan yaitu dengan bekerja. Melalui bekerja kita dituntut untuk menghasilkan hasil yang maksimal agar pundi-pundi keuangan untuk kebutuhan sendiri maupun kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi.

 

Salah satu faktor yang mendorong seseorang bekerja juga agar mengapresiasikan diri dalam mengembangkan dan memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat seperti contohnya seorang guru yang ingin mengabdi untuk pendidikan baik melalui yayasan (swasta) maupun sekolah negeri, seseorang yang ingin bekerja hanya sekedar ingin mencari pengalamn untuk meningkatkan potensi dan skill yang dimiliki agar berguna buat bekal dikemudian hari.

 

Bisa juga orang bekerja ingin mencari kedudukan yang lebih baik dari  jabatan di tempat kerja sekarang. Pada dasarnya latar belakang masing-masinglah yang membuat ingin bekerja meskipun tidak sesuai dengan keahlian yang terpenting punya niat dan usaha karena semua ilmu berguna namun pada saat yang tepatlah baik karena kondisi dan situasilah kita menggunakanya.

 

Lowongan kerja di setiap perusahaan menjadi sebuah incaran bagi pencari kerja. Berbagai cara dilakukan agar lolos test masuk supaya bisa diterima kerja di perusahaan tersebut. Tahap demi tahapun dilalui baik tahap administrasi, tahap tes kemampuan akademi, sampai test psikotes tidak luput dari perhatian setiap pencari kerja bagaimana bisa melewatinya.

 

Ada banyak sekali tantangan bila ingin mendapatkan kursi pekerjaan yang kita inginkan, setiap orang sangat membutuhkan pekerjaan tersebut, setiap orang punya strategi yang ampuh juga bagaiamana bisa lolos, dan setiap orang punya ihtiar yang keras juga.

 

Lalu bagaimana kita bisa mempersiapkan diri apabila kita sudah menyerah sebelum berperang? Jawaban hal ini tidak lain kita memotivasi diri supaya mengejar dan mencoba melakukanya tanpa hal tersebut seperti mimpi di siang hari semua takan terwujud tanpa suatu usaha.

 

Tahapan tahapan yang perlu diperhatikan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita memang tidak semudah yang kita bayangkan. Skill dan kemampuan kita harus kita asa, kita tidak ingin perusahaan memperkerjakan kita yang tidak sesuai kemampuan bukan? Walaupun semua ada training dan pelatihan akan tetapi apabila kita sendiri yang tidak mengupgrade kemampuan bakalan akan kesulitan saat di tengah jalan apabila kita ingin meningkatkan karir, saat kita ingin menjadi lebih professional disini saya mengingatkan kembali “ dimana ada kemauan di situ ada jalan, “ .  Sebuah perjalanan menuju kesuksesan pasti di awali dengan berbagai kesulitan lama-lama apabila sudah terbiasa maka akan mudah melakukanya.

 

Beberpaa hal yang perlu di perhatikan dalam mencari pekerjaan yang di inginkan yaitu :

 

Prioritaskan Terlebih Dahulu Pekerjaan Seperti Apa Yang Diinginkan

 

Kebanyakan dari kita itu semuanya ingin cepat tetapi hasilnya tidak memuaskan. Selalu mencoba lebih cepat lebih baik tanpa perhitungan yang matang. Pernah tidak mengalami penyesalan di akhir waktu “Kenapa aku kerja di sini?,  Kenapa gajihku sekian?, Kenapa aku kok tidak bisa tenang kerja di sini.’’ Itu semua sebenarnya resiko dari pekerjaan yang sudah kita komitmenkan untuk bekerja di situ. Tetapi namanya dunia kerja memang banyak sekali yang mempengaruhi seperti suasana tempat kerja, rekan-rekan satu pekerjaan, manajemen perusahaan atau lembaga yang kurang bijak, keputusan pemilik perusahaan yang kurang memperhatikan kesejahteraan karwayan dan masih banyak lagi.

 

Beberapa hal tersebut pasti kita temui namun alangkah baiknya kita buat daftar dulu prioritas pekerjaan apa yang saya inginkan. Sebagai contoh saya ingin bekerja di salah satu perusahaan Agriculture atau pertanian  bidang budidaya pertanian, apabila saya tidak mendapatkan pekerjaan tersebut maka saya punya alternative saya bekerja penjualan produk pertanian . Dibuat urutan secara sistematis pekerjaan mana yang sangat penting di pilih dan alternative pekerjaan akan tetapi masih tetap komitment serta seusai kemampuan dan minat.

 

Pelajari Informasi Detail Perusahaan Yang Ingin Di Lamar

 

Tentu kita semua tahu apabila kita ingin mendapatkan perhatian tentu kita harus memberi perhatian, ada sebab ada akibat sebab kita melakukan lamaran kerja yang membuat perhatian lebih perusahaan maka perusahaan pihak HRD akan  penasaran dengan kita. Pasti suatu hal yang menarik perhatian akan di pertimbangankan.

 

Dalam mencari pekerjaan apabila HRD menanyakan tentang perusahaan yang kita lamar kita tidak tahu bahkan cenderung tidak sesuai maka bisa jadi kita seperti tidak serius dalam melamar kerja. Perlu detail dalam artian kita punya pengetahuan apa visi dan misi perusahaan tersebut, gambaran seperti apa perusahaan tersebut. Itu menjadi nilai lebih bagi diri kita karena kita sudah mengetahui kulit luar dari perusahaan yang akan kita lamar.

 

Cari Sumber Info  Yang Akurat Kapan Perusahaan Membuka  Lowongan Kerja (Open Recruitmen)

 

Kita harus aktif dan menjadi penjemput bola bukan menunggu info saja. Dalam setiap kesempatan bila perlu gali informasi sebanyak munkin baik melalui internet, surat kabar, lowongan di depan kantor post harus selalu terupdate karena di zaman yang serba maju seperti sekarang ini arus informasi begitu cepat apabila kita tidak mencari informasi terbaru bisa jadi bakal ketinggalan sudah di ambil orang.

 

Informasi di dunia maya juga sebenarnya banyak akan tetapi selalu berhati-hati semakin informasi banyak maka banyak juga scam (penipuanya dengan berbagai modus) maka carilah infromasi lowongan kerja yang sudah terpercaya dan kredibilitasnya bisa kita akui. Salah satu platform pencari kerja yang saya rekomendasikan jobstreet.com, linkdl (meskipun bukan sekedar tempat pencari kerja namun relasi bisnis), karir.com, dan masih banyak lagi.

 

Situs-situs Terbesar tersebut juga perlu waspada karena dalam setiap email yang saya terima saat mencoba menggunakan situs tersebut juga sering diberi tahu hati-hati dalam menerima tawaran undangan pekerjaan. Pemilik situs besar terpercaya saja memberikan kita kewaspadaan berarti kita juga di tuntut untuk teliti bukan.

 

Setiap perusahaan dalam merekrut karyawanya mempunyai berbagai cara metode. Ada yang langsung mengumumkan di media cetak seperti Koran, ada yang memberi informasi melalui media massa seperti radio, info-info lowongan kerja seperti yang saya jelaskan di atas ada juga melalui mulut ke mulut, terkadang justru lebih cepat melalui mulut kemulut karena info orang ke orang biasanya sangat cepat sekali datangnya. Disebabkan adanya orang dalam yang bekerja sehingga semakin dipercaya tetapi tetap memasang kewaspadaan penuh oleh tipu muslihat para pencalo tenaga kerja.

 

Kenali Kapan Deadline Perusahaan Buka Lowongan

 

Ini penting buat dicari berakhirnya suatu lowongan kerja jangan sampai lowongan kerja sudah terlewatkan atau infromasiyang tidak valid kapan deadlinenya. Biasanya informasinya tertera pada info lowongan karena kita terburu-buru atau mendapatkan dari sumber yang tidak akurat bahkan di edit deadlinenya maka akan sia-sia belaka pekerjaan yang ingin dilamar sebab sudah penuh atau sudah tidak membutuhkan lagi. Saya perhatikan di internet juga sudah tidak relevan  apakah benar-benar perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan atau sudah  tutup. Selain itu juga dengan kita lebih jelih dalam menentukan kapan berakhirnya deadline maka kita bisa membuat lamaran ke tempat lain lagi semakin banyak lamaran yang sesuai keinginan ingin di tuju semakin banyak peluang untuk dipanggil.

 

Gunakan Curriculum Vitae (CV) Semenarik Munkin

 

Curiculum vitai untuk melamar kerja

Ada hal menarik dari sebuah CV yang pernah saya baca seseorang menggunakan CV menggunakan kertas biasa tetapi bertemakan seperti berita duka saya sempet “waw keren” di sisi lain membuat orang terharu dan juga membuat orang merasa aneh serta berani tampil beda. Ini adalah trik jitu agar seorang HRD merasa penasaran dan ingin sekali mengenal lebih dekat siapa sih kandidat ini.

 

Malah bisa membuat HRD gk bisa tidur ha…ha…. Ternyata benar insane yang kreatif itu cenderung di buru orang karena itu “berani tampil beda”. Coba sahabat semua buat ide semenarik munkin apa yang membuat orang itu merasa aneh dan inging membaca CV kita.

 

Percayalah Pada Kemampuan Diri

 

Potensi yang kita miliki semuanya luar biasa dan Tidak ada yang terlahir tanpa sebuah kehebatan. Kita diciptakan Tuhan menjadi manusia yang sempurna dengan segala kelebihan yang diberikan. Bersyukur adalah kunci menjadi pribadi yang merasa nikmat yang diberikan tidak ada tandinganya.

 

Kemampuan yang kita miliki bisa kita latih dan kembangkan semisal kita belajar banyak bagaimana caranya menyelesaikan soal-soal potensi akademik yang diberikan perusahaan, belajar menghadapi tes psikotes yang seharusnya bukan menjadi hal menakutkan meskipun setiap kita pasti mengalami Grogi atau demam panggung. Apabila kita selalu memahami potensi yang kita milki ini luar biasa tidak ada lagi rasa tidak percaya diri. Caranya :

 

-          Gali terus apa sih yang dominan pada diri saya atau passion apa yang saya cenderung ingini dan harapkan.

-          Luangkanlah waktu untuk belajar dan terus belajar menghadapi setiap persoalan yang dihadapi semisal memecahkan persoalan bagaimana bisa masuk kerja ke perusahaan bunafit yang dinginkan, bagiamna abisa lolos tesn potensi dan psikotesnya.

-          Percaya diri muncul karena kita telah menguasai sebuah materi, sesuatu yang mau ditest, merasa percaya diri dalam arti kita sudah punya punya cara menghadapinya yaitu sedia payung sebelum hujan.


Bersambung # Baca Juga : Berbuat baik jangan ditunda-tunda

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama