Cara Seorang Pemimpin Mempengaruhi


ilustari seorang pemimpin : pixabay

Tumbuh kembangnya diri anda itu tergantung bagaimana diri anda bisa beradaptasi dengan lingkungan. Adaptasi ini anda mampu menjadikan lingkungan untuk menambah ilmu bagi anda ke hal yang positif, melalui lingkungan anda juga bisa berperan sebagai sosok yang bisa membaur dan memberi feedback yang baik. Komunikasi salah satu kunci bagaimana anda bisa dihargai oleh individu-individu yang ada di lingkungan anda. Melalui komunikasi juga anda diharapkan bisa memberikan pengaruh yang kuat bagaimana anda bisa memberi warna pada linkungan anda sesuai yang anda bisa. Setidaknya anda tidak terpengaruh atas pergaulan di lingkungan yang tidak anda harapkan.

 

Ilustasi yang saya sampaikan di atas bermaksud untuk membuat diri kita senantiasa menjadi lebih baik apabila kita berada pada lingkungan yang tidak kita harapkan. Kepemimpinan menjadi sesuatu yang sangat penting kita pelajari dengan demikian menjadi seorang pemimpin yang baik perlu kita terapkan.

 

Saya ingin anda mengingat kembali ketika anda melihat beberapa anak kecil saat bermain permainan, dari sekian anak pasti ada salah satu dari mereka yang menjadi pemimpinya  atau dari beberapa anak ada satu anak yang di dengar seruhanya oleh yang lain. Dia adalah calon menajadi pemimpin suatu kelompok yang bisa jadi diperoleh bakat alami menjadi seorang pemimpin. Fenomena itu juga sering kita jumpai pada sekelompok orang dewasa yang sering dominan terkenal biasanya itu pemimpinya, yang di tunggu-tunggu kedatanganya pada suatu acara biasanya pemimpinya. Terkadang pemimpin itu tidak harus seorang ketua tetapi orang yang sangat berpengaruh diantara kelompok beliaulah pemimpin sejati.

 

Apakah menjadi seorang pemimpin itu bisa dilatih atau bakat dari kecil? Jawabanya bisa dilatih. Kita pelajari satu persatu apa yang membuat sekelompok orang bisa mengikuti apa yang menjadi tujuan seorang ketua.? Apakah dia memang mempunyai jabatan sebagai ketua dia akan di ikuti akan tetapi belum tentu menjadi orang yang menuruti sesuai hati. Bisa jadi mereka mengikuti karena takut, karena sebagai atasan, takut di SP (Surat peringatan) dan lain sebagainya. Berbeda dengan seorang pemimpin sejati setiap kata-katanya selalu menjadi panutan dari dalam hati secara emosional itulah hal yang luar biasa.

 

Kekuatan Perkataan Yang Jujur

 

Merupakan modal dasar bagi diri anda untuk menjadi lebih baik. Tahukah anda apapun itu pekerjaan anda apabila anda jujur orang akan menyukai anda, seperti sebuah emas kejujuran akan selalu menjadi sesuatu yang sangat di pertimbangkan bila anda jujur. Tanpa kejujuran diri anda  akan menutupi kesalahan-kesalahan dan akhirnya diri anda sendiri yang tidak mendapatkan ketenangan . Bukankah menyembunyikan kejelekan akan tercium juga suatu saat karena dunia itu misteri dan itu akan mengungkapkan setiap apa yang dirahasikan. Semoga senantiasa Alloh swt menjaga kita Amiin ya robbal amiin.

 

Begitu juga bila anda menjadi seorang pemimpin yang jujur. Sekali anda jujur maka banyak yang percaya dan berpikir anda menjadi orang yang tepat janji bisa dipegang omonganya. Dengan demikian itu merupakan modal yang sangat penting bukan ? Yuk belajar jujur sesuai tempatya. Lalu menerapkan sikap jujur itu bisa pada diri sendiri, apabila kita gelisah tidak sholat maka jangan membohongi diri bahwa kita nyaman mari kita beribadah karena itu kewajiban dan juga kebutuhan, bila kita berbicara belajar sedikit demi sedikit bisa memegang janji terkadang seperti saya yang mudah membuat janji namun lalai saya mencoba memperbaiki diri.

 

Sikap Dalam Pergaulan

 

Siapa yang tidak senang mempunyai sahabat atau teman yang baik?. Pasti semuanya menginginkanya. Sahabat itu akan selalu membantu kita disaat suka dan duka. Contohnya pinjem uang sama temen he..he..biasanya itu akibat dari pergaulan yang baik dan saling member support meskipun uang gk harus yang penting dukungan moril.

 

Menjadi seorang pemimpin sebaiknya mempunyai sikap seperti itu juga, orang-orang yang kita pimpin juga mempunyai hak yang sama ingin dipahami bukan kita yang senantiasa menginginkan dipahami. Kita yang bisa ini itu suruh ini itu tetapi apakah kita tahu apa yang mereka rasakan, apakah mereka juga merasa dengan senang hati dalam bekerja, jangan-jangan  mereka mengikuti karena kita seorang ketua dan lain sebagainya. Jadi memahami bawahan kita yang kita pimpin maka akan membuat hubungan timbal balik yang sehat. Ini sangat penting sekali apalagi tugas seorang pemimpin itu begitu berat bila punya bawahan yang membuat team solid akan menjadi semakin kokoh dan tercapainya setiap visi misi yang diharapkan. Contohnya, ketika bawahan kita ada keluarganya sakit bukan basa basi tetapi secara tulus memberikan simpati dengan menanyakan sakit apa dan keadaanya seperti apa juga bisa memberi bantuan semampunya, bila tidak mampu memberikan dukungan moril. Banyak cara yang bisa dilakukan agar membuat mereka tersentuh secara emosional namun secara tulus.

 

Daya Tarik

 

Sebuah magnet akan menarik benda logam biasa secara kuat. Begitu juga diri anda bisa menjadi magnet dengan cara menyamakan sebuah pemikiran, sebuah konsep, atau kesamaan lainya yang membuat daya tarik tersendiri.

 

Orang akan membuat sebuah perkumpulan biasanya berdasarkan hobi dan minat masing-masing. Contohnya aja tidak ada club bola bila mereka tidak suka bola, tidak ada klub senam dan olah raga bila tidak hobi, meskipun ikut-ikutan karena tertarik dengan temanya yang hobi, semua itu mengelompok berdasarkan minat yang sama.

 

Menjadi pemimpin belajarlah untuk melihat apa yang menjadi kesamaan antara bawahan meskipun banyak bisa kita terapkan dari setiap orang mempunyai karakter masing-masing kenali karakternya dan cari persamaanya saat komunikasi maka daya tarikpun akan masuk ke diri mereka terhadap anda. Contoh, apabila bawahan anda menyukai bola sedangkan anda tidak menyukai bola belajarlah untuk mencari referensi bola meskipun anda kurang suka, maka bawahan anda akan mengikuti anda karena diri  anda membuat hobinya masuk ke emosionalnya. Masih banyak lagi cara lainya kita bahas di artikel berikutnya. 




Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama