Bisnis bukan dilihat dari besarnya Modal, Setuju?




Berbicara mengenai bisnis, Beragam Hal yang perlu dibahas. Baik bagaimana menyusun persiapan, tetap bertahan oleh banyaknya kompetitor, dan juga bagaimana agar bisnis yang kita miliki bisa expansi melebarkan sayapnya.

Persiapan awal yang harus dimiliki tentunya niat dan juga modal. Banyak yang mengira, niat saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan modal yang cukup.

Sebenarnya, ada benarnya juga apabila ada yang berpikir seperti itu dan Logis. Namun, kita meski tahu bahwa ada bukti dan contoh konkret orang-orang yang sukses berlatar belakang biasa dan juga modal yang tidak begitu banyak. 

Apa yang menjadi pembeda itu semua? Tentu tidak lain adalah Niat dan semangat untuk konsisten. Di sini saya menggabungkan dua kata ini sebagai pendongrak kesuksesan kita di bidang  bisnis.

Kita bahas terlebih dahulu apa itu niat. Kalau menurut saya pribadi niat tidak ubahnya seperti mesin penggerak dari sebuah bisnis. Contohnya kita punya niat yang bagus untuk mempunyai perusahaan yang berkembang dengan kata kunci ''Bekerja agar bisa bersedekah". maka,  apapun yang terjadi di perjalanan waktu. Kita akan tetap semangat mempunyai niat yang jelas-jelas selalu kita impikan dan ingin kita capai. 

Pernah pastinya mendengar para pelopor bisnis yang sudah senior dalam hal manajemen yang penting "action" salah satunya pencetusnya Om Bob Sadino atau yang sering kita kenal Om Bob. Beliau bukan mudah dalam mencapai apa yang sekarang sudah beliau miliki. Berawal dari bekerja keluar negeri punya modal pas-pasan banting setir lagi dan juga sampai menjual mobil. itu semua karena punya niat yang kuat. Kalau tidak begitu munkin supermarket yang bergerak dibidang pertanian dan hasil peternakan ini tidak akan berkembang.

Berikutnya pernah mendengar penulis kenamaan di bidang dunia fiksi cerita Harry Poter ya J.K.Rowling. Beliau yang selalu ditolak oleh banyak penerbit hingga tulisanya menjadi Best seller, Karena beliau pantang menyerah mempunyai sebuah mimpi yang dibarengi niat yang kokoh. Jadi, pada dasarnya apa yang kita impikan dibidang bisnis pasti akan terwujud melalui niat yang laur biasa bisa berpengaruh pada hidup kita. 


Kita berbicara perihal modal. Sebenarnya modal lebih ke bagaimana uang yang kita miliki bisa menghasilkan banyak keuntungan baik yang sifatnya perputaran cepat maupun perputaran yang mempunyai waktu lebih lama. Beberapa hal yang perlu di perhatikan berkenaan dengan modal apabila kita punya dana yang terbatas.

Modal Yang Besar VS Modal Kecil

Kita ilustrasikan apabila ada si A punya modal 50 juta sedangkan Si B hanya punya modal 5 Juta. Apabila si B bisa menjalankan manajemen, pemasaran dan juga bagaimana memutarkan kembali uang walaupun tidak begitu besar keuntungan yang diperoleh. Maka bisa dipastikan si B bergerak walaupun stabil. 


Sedangkan si A beliau punya modal besar bisa menjalankan tetapi niat hanya sekedar coba dan juga ingin langsung punya keuntungan besar namun hanya temotivasi di saat tertentu saja. 


Maka karena tidak ada titik kestabilan akibat dari niat tadi ini akan mengancam bisnisnya. Sebab yang terpenting bagaimana bisa mengelolahnya bukan mempercepat seperti karbit buah yang bisa memasakan buah akan tetapi tidak optimal. Sebab ya kita tidak mau belajar dari tahap ke tahap agar tidak melakukan kesalahan yang sama bahkan fatal.

Gunakan Cara Makelar dan Reseller

Bila kita berada pada titik dimana kesulitan dana sebenarnya apabila punya niat yang bagus dan memang sudah menjadi prinsip bisa kita lakukan cara ini. 

Cerita yang perlu kita jadikan pembelajaran juga bahwa ada seseorang yang tidak memiliki satu peserpun Properti seperti rumah. Namun karena kepiawaianya dalam bernegoisasi, melakukan pemasaran. Dia, bisa menghasilkan penjualan yang fantastis. Nah itu sebagai contoh menjadi makelar di bidang properti juga bisa. Namun memang butuh waktu. Cari yang penjualanya terkesan tidak butuh waktu lama tetapi produknya mudah diterima masyarakat selain properti.

Caranya sih buatlah list beberapa hal bisnis yang bisa dijadikan rekomendasi bisni apabila kita nanti menginginkan cara bisnis tersbut. Bila di detaikan maka akan mendapatkan bisnis yang tepat buat kamu. 

Sebenarnya cara makelar di sini maksudnya kita tidak punya modal cukup hanya bisa menjadi penjual. 

Skillmu Kekuatanmu

Tahukan kamu, bahwa apa yang Alloh swt berikan kepada kita pasti sesuatu yang luar biasa. Peradab-abad lamanya sebuah wilayah bisa maju juga diakibatkan dari skill orang-orang yang berilmu. Ilmu akan mendatangkan uang. Percayalah banyak sekali jasa-jasa yang orang lain butuh. Seperti contoh seorang pebisnis butuh Jasa Copywriting sebagai penulis content produknya, perlu jasa desain produknya, perlu jasa surveyor sebagai penyurvey pasar. 

disaat yang lain mengeluh tidak ada upaya dan cara mencari rezeki. Di sini kita bermain dengan skill beranilah mencoba karena keberuntungan bukan menunggu sebuah kejabaiban tetapi butuh ihtiar. Bagaimana sebuah kata-kata bisa mempengaruhi orang lain. Jadi perbanyaklah skill kalian.

Gunakan keuntungan buat menambah modal

Keuntungan sebaiknya dipisahkan apabila kita sudah cukup untuk kehidupan sehari hari. Keuntungan bisa menjadi penambah modal atau membeli suatu aset usaha. Kalau bisa dibuat diversifikasi atau dibagi-bagi agar apabila satu aset bermasalah bisa mengambil aset lain apabila perlu dana dalam menambah modal. Percayalah uang akan habis digerus inflansi sedangkan aset bisnis akan berkelanjutan.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama