Riset Pasar Yang Selalu Relevan

 

Riset Pasar Yang Selalu Relevan

Jumlah Penduduk Indonesia berdasarkan Catatan Badan Pusat Statistik (BPS)  pada september tahun 2020 berjumlah 270,20 juta jiwa yang mana mengalami penambahan sebesar 32,56 juta jiwa dari tahun 2010. Hal ini membuktikan bahwa seiring perjalanan waktu kian hari kita akan mengalami banyak persaingan dalam berbagai sektor. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya peningkatan Sumber daya manusia agar seiring dengan kurva peningkatan penduduk.

Meratanya jumlah pekerja dan berkurangnya angka pengangguran merupakan impian kita. Banyak cara agar kita bisa menjadi Negara yang maju dan juga tentunya secara stabil perekonomian. Lagi dan lagi banyak Pekerjaan rumah yang harus kita lakukan. Tetapi apabila saling membantu dalam berbagai bidang. Maka, impian yang kita harapkan akan cepat terwujud.

Keahlian dalam berwirausaha menuntut diri kita untuk mempunyai beberapa keterampilan yang tentunya bisa meningkatkan pendapatan. Marketing merupakan hal yang paling utama. Apabila kita masih menghandalkan diri sendiri. Maka dari itu,  perlu dipelajari sebagai Contohnya saja kita punya produk yang bagus apabila strategi pasar kurang maksimal, maka hasilnyapun juga tidak akan maksimal.

Metode Survei Pasar atau Market Research, Yaitu:

Tentukan Target Pasar

Segmen penjualan ada banyak pilihan yang akan kita geluti. Apabila kamu menggeluti bidang fashion atau busana sekmen paling atas biasanya remaja putri, dan apabila kamu ingin menentukan target pasar yang mana kaum milenial penggunaan Instagram (IG) sangat direkomendasikan Kaum milenial cenderung menggunakan berbagai media sosial dalam berbelanja terutama instagram yang untuk sekarang sedang trend.

Target pasar yang jelas akan memudahkan kita dalam menganalisa bila terjadi penurunan maupun peningkatan. Seperti contoh fashion terkini yang banyak digandrungi kaum milenial muda seperti apa. Data akan lebih mudah dikelompokan karena merucut ke suatu permasalahan pokok.

Keadaan pasar yang akan selalu terjadinya perubahan trend membuat kita punya strategi khusus agar usaha yang kita jalani tidak stagnan (berhenti di tempat). Kita harus survive melakukan inovasi baru apabila kita sudah punya pangsa pasar yang jelas terutama target yang ingin dibidik.

Survei berdasarkan kategori produk


Survei berdasarkan kategori produk

Buatlah survei produk yang tepat. Dalam artian kita mesti mengelompokan berbagai kategori apabila kita punya produk yang memang lebih heterogen dan beragam. Buat klasifikasi agar kita tahu mana jenis produk yang banyak diminati.

Produk-produk dari kompetitor bisa kita masukan ke dalam survei ini. Agar kita tahu berapa persen produk kita bisa terserap dipasar. Berapa persen jenis produk yang kita jual terserap diberbagai kalangan.

Cakupan Wilayah Survei

Lebih baik survei berdasarkan wilayah yang lebih sempit akan tetapi akurat daripada cangkupan wilayah luas Namun hasil survei masih umum tidak lebih khusus. Sebab semakin lebarnya grafik maka jelas kesimpulan tidak sesedrhana yang ingin kita peroleh. Misal anda ingin menargetkan bagaimana produk fashion kita laku di sebuah provinsi apabila menggunakan cara marketing dan SEO atau  search engine optimation wilayah tertentu. Maka survei juga melibatkan willayah tersebut secara lebih detail.

Instrument dalam survei

Ada banyak cara untuk melakukan survei. Baik menggunakan cara wawancara atau bisa menggunakan pertanyaan tertulis. Itu semua bisa menjadi alternatif masing-masing sesuai dengan kondisi dan cara menentukan pasar.

Apabila kamu akan menentukan survei untuk remaja milenial maka penggunaan daring secara online bisa kamu lakukan baik seacara anonym maupun secara jelas objek obervasi kita. Seperti contoh penggunaan media sosial instagram misalnya. Kita bisa membuat timeline survei baik memberikan imbalan jasa atau memang mencari yang benar-benar care dengan produk kita.  

Terkadang sebuah usaha yang kita jalani menuntuk terjun langsung di lapangan. Apakah kita menunggu mereka menjawab sebuah tulisan? Tentu hal ini sulit apabila dilihat dari beberapa objek yang kemunkinan tidak terbiasa menjawab survei dan bisa menghambat. Lebih efektif penggunaan wawancara secara langsung dengan asumsi mereka mau dengan sukarela menjadi objek survei kita.

Referensi :

Badan pusat Statistik. Hasil Sensus Penduduk. 2020. Diakses pada 3/5/2021. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html 

Baca Juga : 

bisnis bukan dilihat dari besarnya modal

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama