Ilmu Pengetahuan dan Adab Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Ilmu Pengetahuan dan Adab Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik


Ilmu Pengetahuan dan Adab  Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Foto : pixabay

Selamat pagi sahabat, artikel ini saya tulis di pagi hari dengan ditemani segelas kopi. Dan, apabila siang hari saya menyapa saya kan menggunakan kata selamat pagi. Biar ikut semangat seperti motivator yang selalu menjadi motivasi pada diri kita. 

Munkin sabahat semua pernah melihat seorang motivator bagaimana bisa memaparkan pengetahuanya untuk mendidik kita begitu hebat. Melalui kata-kata yang membuat kita bangkit dari tidur, juga bagaimana bisa membuat cara pandang kita menjadi berbeda.

Sang Motivator pastinya punya bahan yang akan ia sampaikan. Dan pastinya bahan mentah yang mau disampaikan tersebut bersumber dari berbagai referensi baik buku, audio visual, atau lewat pengalaman ia sendiri. Kita lihat tokoh-tokoh selain motivator seorang pemimpin juga bisa menjadi penyemangat bagi khalayak banyak. Karena dari cara bicara yang berbeda. Jadi apa hubunganya dengan apa yang akan saya bahas. Baiklah ikuti alur tulisan saya. 

Pengetahuan dan wawasan yang diperoleh pastinya tidak didapat dengan santai-santai, ada banyak waktu yang perlu diprioritaskan. Misalnya membaca sebuah buku, bukan satu jam saja karena aktifitas kesibukan kita pasti ada kalanya perlu waktu tersendiri untuk mengupgrade diri kita dengan pengetahuan. Seorang motivator maupun pemimpin memahami betapa pentingnya sebuah ilmu pengetahuan. 

Ada salah persepsi yang beberapa orang pikirkan, kita membaca buku harus sepenuhnya memahami isi buku tersebut dalam artian mengingat. Bagi saya pribadi membaca buku tersebut sebenarnnya sudah cukup dan tak perlu banyak di ingat walaupun ada penelitian menganggap bacaan yang kita pahami dari sebuah buku hanya beberapa persen saja dan memory kita mengingat beragam hal yang tentunya begitu rumit. Nikmati saja sahabat membaca bukumu nanti kita bisa memahami sedikit-demi sedikit.

Inilah penjelasan Ilmu Pengetahuan dan Adab Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik : 

SEBAGAI PERSIAPAN DIRI 

Setiap hari ilmu pengetahuan bisa berkembang, karena manusia senantiasa mencari dan memperbaruhi sesuatu hal yang lebih baik lagi untuk membantu kebutuhan hidup manusia. Belum lama ini kita mendengar dari peluncuran metaverse bila kita baca dunia metaverse facebook  penyempurnaan dari teknologi sebelumnya yang lebih menakjubkan, semua elektronik sekarang sudah sistem digital karena dianggap lebih mempermudah dan bisa terhubung ke smartphone, dan berbagai ilmu pengetahuan lainya yang mengalami perkembangan begitu pesat. 

Ilmu pengetahuan merupakan bekal bagi kita untuk mengembangkan potensi diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Persiapan diri ini tentunya untuk melihat kemunkinan masa depan yang akan berubah menjadi lebih maju. apabila tidak dari sekarang membekali diri kita menjadi orang yang bisa tertinggal dari segi ilmu pengetahuan. Bukankah ilmu pengetahuan bisa membuat kita lebih baik lagi yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan bisa diterapkan. 

Tempat untuk menimbah pengetahuan yang paling dominan di dunia pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi. tetapi ada salah satu kewajiban bagi kita. Mencari ilmu itu tanpa batas, tanpa mengenal usia. Apabila kita berpatokan habis sekolah, habis kuliah udah cukup tidak perlu cari ilmu pengetahuan sahabat salah. Sumber pengetahuan itu banyak yang telah saya contohkan pada paragaf di atas. 

Tidak ada kata terlambat, sayapun sekarang mencari ilmu pengetahuan dengan membaca buku. walaupun saya sibuk. Saya sempatkan untuk membaca, terlebih lagi internet ada digenggaman kita. Carilah ilmu pengetahuan sebanyak munkin dan diminati sabahat semua. Kita perlu usaha dan kerja keras itu memang benar, namun bila kita sudah terbiasa maka akan menjadi kenyamanan dan tidak perlu memaksa diri kembali kita akan punya automatis tubuh untuk bertindak seperti kalau tidak membaca sesuatu hal satu hari saja ada yang aneh. 

ILMU PENGETAHUAN SEBAGAI PEMAHAMAN YANG PASTI BERGUNA 

Sahabat hobinya dibidang apa, misalnya sobat hobi di bidang elektronik, cari pengetahuan tentangf elektronik dan apabila menginginkan bekerja di perusahaan elektronik, maka bisa mnejadi penunjang pengetahuan. Sebab di sekolah juga tidak semuanya kita peroleh ada kalanya kita berinisiatif mencari ilmu pengetahuan yang lebih detail. 

Fungsi dari ilmu pengetahuan begitu banyak, yang tentunya secara umum kita bisa menggunakan ilmu pengetahuan untuk memperbaiki dan menjadi disiplin penerapan dalam bidang tertentu. Smeuanya pasti ada ilmunya, jadi bagi sahabat yang masih berat dan menyia-nyiakan waktu untuk mencarinya. Sungguh Rugi.

ILMU PENGETAHUAN BISA MENINGKATKAN HARKAT DAN MARTABAT, TENTUNYA JUGA HARUS BERADAB

Sebagai catatan penting1, Kita memiliki pengetahuan yang banyak dan tak terhitung apabila kita tak punya adab, Maka kehancuran yang akan kita peroleh. Bukan hanya kita tetapi bagi manusia dan makhluk lainya. Banyak kita lihat oknum-oknum yang punya ilmu pengetahuan tetapi membodohi manusia lain, membuat kerusakan, membuat kegaduhan, melalui adablah maka kita punya batasan bahwa kita adalah manusia yang diciptakan untuk membuat kebaikan. Mari, kita cari ilmu pengetahuan sebanyak munkin dan kita juga menjadi pribadi yang berbudi luhur. 

Baca Juga : Mari Kita Pikirkan Masa Depan

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama