Mari Kita Pikirkan Masa Depan

Mari Kita Pikirkan Masa Depan

 

Mari Kita Pikirkan Masa Depan
Foto: Unsplash.com

Sebagai manusia kita tidak terlepas dari sejarah hidup. Cerita lama yang bisa membuat diri kita bahagia dan ada juga yang membuat diri kita kecewa. Siapa yang sering menceritakan masa lalu yang indah ke orang lain begitu bangganya, sedangkan masa lalu yang suram kita akan buang jauh-jauh dari dalam benak kita. 

History hidup kita tak akan bisa kita buang, namun history hidup kita juga tidak selalu kita kenang. Mari kita sama-sama belajar bagaimana membuat pikiran kita lebih terfokus untuk masa sekarang dan memikirkan masa depan. 

Anggaplah dunia ini seperti kita memegang sebuah balon, balon yang satu berwarna merah melambangkan masa lalu kita dan balon yang berwarna hijau melambangkan masa depan kita. Balon berwarna merah sudah pecah dan tidak bisa ditiup kembali, sedangkan balon hijau masih ada tetapi lambat laun anginya kan berkurang, dan angin menandakan waktu yang disediakan oleh Tuhan itu terbatas. Begitulah kehidupan ini, kita pasti melewati fase seperti ini. 

Peganglah erat balonmu yang warna hijau isilah masa depanmu dengan baik sebab kesempatan hanya satu kali. Apabila masa depan sudah pecah dan tak ada fungsinya lagi atau sudah mengempis anginya itulah kehidupan, hanya sebuah penyesalan. Maka isilah masa depan dengan sesuatu hal yang benar-benar berguna untuk kehidupan kita. Sekali lagi ingat, Masa depanpun ada batasnya. 

Bagaimana kita melihat matahari terbit di pagi hari, dan diri kita dengan segar dan freshnya bisa berlari menghirup udara pagi. Bayangkan ketika siang hari kita mulai gerah, haus dan lapar. kita mulai ingin istirahat siang. Dan juga lihatlah sore hari kita mulai bersiap-siap menyambut malam dengan keadaan yang begitu berbeda dengan di pagi hari. Malamnya kita kaan mengistirahatkan diri begitu lama, karena kita sudah lelah dalam keseharian kita. 

Penggambaran di atas bukan menakut-nakut tetapi bagaimana membuat sudut pandang kita lebih fokus menatap masa depan, anggap saja kita berada pada masa tenggang yang harus kita selesaikan dengan baik. Seperti kita ingin mendaki sebuah gunung untuk berkemah, kita butuh bekal agar diperjalanan yang panjang dan melelahkan sudah tersedia segala macam keperluanya, semangat saja tidak cukup, kita perlu memikirkan rute jalan yang akan kita daki, memilih jalur yang tepat, berkoordinasi, dan kekuatan mental keberanian apabila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. 

Dalam keadaan yang harus kita lalui ini, kita tetap memotivasi diri sendiri untuk sampai pada tujuan kita yang jelas kita nanti. Kita buat strategi menata masa depan dengan rapi, dengan disipli, dan dengan kemauan serta kerja keras. Tidak apa-apa kita kerja keras dari sekarang, karen kerja keras kita. Kita sendiri yang akan menikmatinya kelak. Tanggung jawab diri kita bukan orang lain, melainkan diri kita. 

MASA LALU ITU RAMBU-RAMBU DI MASA DEPAN, BUKAN INGATAN YANG HARUS DI ULANG-ULANG

Pengalaman di masa lalu dan masa mendatang tidaklah semua sama, contoh apabila umur kamu 20 di masa lalu pasti berbeda pengalaman nanti di umur 40, pengalaman di masa lalu juga terkadang hanya bisa kita berikan pelajaran untuk anak-anak kita kelak sebab kita yang sudah merasakan dan mereka belum merasakan. Kita bisa memberikan rambu-rambu kepada mereka akibat pengalaman kita yang kurang menyenangkan. Pahitnya pengalaman yang kita alami ambil hikmahnya bahwa kita bisa memotivasi kita diberi peringatan kita bisa menjadi lebih baik lagi dari ujian yang pernah kita alami.

Kebahagian dan kekecewaan yang pernah kita alami tidak bisa mengubah keadaan apapaun. Waktu menjadi raja dari segalanya, pikirkan kembali kebodohan kita mengalahkan waktu kita takan pernah waktu akan tetap berjalan seperti kita menghirup oksigen yang tak akan pernah kita lepaskan dan tak akan pernah kita tentang. Terjebak di masa lalu dan menyesali diri merupakan tindakan yang membodohi diri sendiri. Hidup kita masih panjang dan kita tak pernah tahu kalau hari esok lebih indah lagi, bukankah dibalik musibah ada sebuah hikmah yang kemunkinan membuat kita bahagia kelak. 

GUNAKAN WAKTU YANG ADA DENGAN LEBIH BAIK, ITULAH MANUSIA YANG PENUH SYUKUR. BUKANKAH BILA KITA BERSYUKUR NIKMAT AKAN DITAMBAH?

Prioritas utama sekarang gunakan waktu sekarang dengan sebaik munkin. Bukan nanti dan nanti, alasanmu tak akan mengubahmu dan tindakanmu mengejar impian masa depan merupakan tindakan yang bisa mengubahmu ke arah yang lebih baik. Terkadang yang membuat kita mengingat masa lalu dan meratapinya, diri kita terlalu membandingkan orang lain. Apa kamu tahu apa yang dirasakan orang lain sebenarnya?, bisa jadi mereka itu juga begitu banyak permasalaha tetapi mereka kuat untuk terus bangkit menjalaninya. kita juga tak pernah tahu masa lalu orang lain. Pikirkanlah segala sesuatu kesulitan kita di masa lalu ada pedoman untuk lebih baik di masa sekarang dan masa depan. Kita adalah makhluk sempurna yang diberikan tuhan untuk kita agar bisa berusaha menjadi lebih baik dan berdoalah pada tuhan agar kita mempunyai ketenangan hati dalam menapaki jalan kehidupan. Baca Juga : Ketekunan Bisa Mendatangkan Keberhasilan 

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama