5 Cara Berbisnis Kuliner Bakso dan Mie Ayam untuk Pemula

5 Cara Berbisnis Kuliner Bakso dan Mie Ayam untuk Pemula

 

 


Sebagai negara yang memiliki beragam kuliner, baik dari camilan, minuman hingga masakan khas daerah. Terutama dengan semakin banyaknya pecinta kuliner, tentu berbisnis kuliner merupakan hal yang menjanjikan jika tepat dalam mengoperasikan dan mengaturnya.

Salah satu hidangan yang paling diminati karena sesuai dengan selera kebanyakan orang, yaitu bakso dan mie ayam. Meski mungkin di tiap wilayah memiliki cirri khas yang berbeda, tetap tak mempengaruhi kecintaan terhadap hidangan tersebut.

Bagi Anda yang berminat  untuk berbisnis kuliner bakso dan mie ayam, namun masih bingung harus memulai dari mana, simak penjelasannya berikut ini.

Terdapat lima cara berbisnis kuliner yang dapat diterapkan oleh para pemula, yaitu:

1.   Mengestimasi Modal

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memulai sebuah bisnis, yaitu mengestimasi modal yang dibutuhkan. Mulai dari harga bahan baku, peralatan masak yang digunakan, hingga kemasan makanan.

Jika Anda akan membuka bisnis kuliner yang menyediakan makan di tempat, maka modal yang dibutuhkan jauh lebih besar. Tak hanya biaya sewa tempatnya saja, namun Anda juga harus memikirkan biaya untuk membeli meja dan kursi untuk pengunjung.

2. Mencari Lokasi

   Berikutnya, Anda perlu memastikan skala bisnis kuliner, apakah rumah makan sederhana yang berada di pinggir jalan raya yang ramai, atau berupa restoran yang berada di dalam mal. Dengan menetapkan hal tersebut, akan sangat memudahkan Anda dalam mencari lokasi yang paling tepat, sekaligus menyesuaikannya dengan anggaran yang sudah dialokasikan.

3. Menemukan Ciri Khas 

   Selain lokasi tempat makan yang strategis, Anda juga perlu menemukan cirikhas dari semua hidangan yang akan ditawarkan pada calon konsumen. Harapannya, tentu agar dapat menarik banyak minat dari para pecinta kuliner. 

  Cara paling efisien yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menguasai seluruh resep dasarnya, mencari banyak referensi lain dari resep masakan yang sama, lalu mencoba mencari keunggulan cita rasa yang bisa diterapkan pada resep orisinil Anda.

4.   Menyiapkan Operasional

Tak hanya peralatan masak hingga kemasan makanan saja yang perlu disiapkan, Anda juga harus menemukan pekerja yang dapa tmembantu operasional rumahmakan. Jika Anda berniat untuk memasak seluruh hidangannya sendiri, setidaknya pekerjakan satu orang yang dapat membantu melayani konsumen dan membersihkan seluruh area.

5.   Menjalankan Pemasaran dan Memberikan Pelayanan Terbaik

Cara terakhir yang juga harus diperhatikan, yaitu melakukan pemasaran untuk meningkatkan bisnis. Di zaman yang serba canggih ini, Anda dapat mengoptimalkannya dengan mengandalkan media sosial untuk mempromosikan rumah makan serta hidangan yang ditawarkan.

Yang terakhir yang tak kalah penting, selalu berikan pelayanan terbaik pada seluruh konsumen. Ramah, bersih, dan kecepatan dalam menyajikan hidangan sering kali menjadi tiga hal teratas yang paling diperhatikan dan dipertimbangkan.

Bac Juga : 4 Cara Sukses Memiliki Usaha Sembako

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama