10 Cara Promosi Produk di Sosial Media Dijamin Laris Manis

10 Cara Promosi Produk di Sosial Media Dijamin Laris Manis

Kecanggihan teknologi turut memberikan kemudahan bagi hidup kita. Salah satunya dalam berjualan. 

Saat ini, banyak penjual yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjual berbagai produk seperti makanan, minuman, pakaian, skincare, dan masih banyak lagi lainnya. 

Kemudahan dalam mengakses internet juga dimanfaatkan sebagai media promosi produk jualan. Promosi produk jualan di sosial media berpengaruh besar terhadap omset loh. Lalu, bagaimana sih cara promosi jualan di sosial media? Untuk menemukan jawabannya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini.

1. Tentukan target konsumen

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan menentukan target konsumen. Kemudian kalian membuat rencana cara berkomunikasi dengan target konsumen. 

Hal ini bertujuan untuk membantu dalam menentukan gaya bahasa, visualisasi, serta strategi penawaran yang interaktif untuk konsumen.

2. Pilih sosial media yang relevan

Setelah mengetahui target konsumen, langkah selanjutnya adalah memilih sosial media yang cocok untuk calon konsumen tersebut. Misalnya, kalian menjual produk skincare sehingga target konsumennya adalah remaja dan orang dewasa. 

Sosial media yang dapat kalian gunakan adalah instagram. Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh remaja.

3. Buat profil yang unik

Profil sosial media juga berpengaruh penting dalam promosi loh. Hal ini karena profil dianggap sebagai "wajah" dari produk yang kalian tawarkan. Oleh sebab itu, profil sosial media harus dibuat semenarik mungkin dan unik sehingga dapat menjadi ciri khas.

4. Buat kalender konten yang konsisten

Komunikasi yang dilakukan dalam membuat promosi adalah dengan rajin membuat konten. Konten harus dilakukan secara konsisten sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Kemudian lama-kelamaan konsumen dapat menjadi pelanggan tetap.

5. Adanya interaksi yang seru

Dengan melibatkan konsumen secara langsung dapat turut menjadi cara dalam promosi. Hal ini dikarenakan konsumen merasa dilibatkan langsung.

Selain itu, dengan melakukan interaksi yang unik juga dapat menjadi slogan atau ciri khas dari produk jualanmu.

6. Memberi respon dengan baik dan cepat

Jika ada konsumen yang bertanya mengenai produk jualan kalian maka kalian harus menanggapi dengan ramah dan sopan. Dengan sikap tersebut konsumen akan memberikan penilaian yang baik dalam pelayanan. Usahakan respon yang dibuat dilakukan dengan cepat dan cukup menjelaskan secara detail mengenai informasi produk jualan yang dibutuhkan.

7. Promosikan produk jualan di semua platform sosial media

Dengan mempromosikan produk jualan di semua platform sosial media maka akan semakin banyak orang yang mengetahui produk yang kalian jual. Dampaknya produk jualan kalian banyak
 yang beli. 

8. Buat hashtag yang konsisten

Pemberian hashtag juga menjadi poin penting saat promosi produk jualan. Saat  membuat promosi usahakan pemberian hashtag kalian sesuai dengan barang jualan dan dilakukan secara konsisten.

9. Berikan diskon untuk follower

Kalian juga dapat menyenangkan konsumen dengan pemberian diskon bagi konsumen yang telah mengikuti akun jualan kalian. Dengan adanya diskon, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk jualan kalian.

Setelah membuat diskon, usahakan akun jualan kalian didesain menarik dan kekinian sehingga follower kalian tidak lantas menunfollow akun tersebut.

10. Buat loyalty program

Pelanggan juga dapat menjadi media promosi loh. Hal ini dikarenakan mereka yang puas dengan produk dan pelayanan kalian maka akan mempromosikan produk jualan kalian secara mulut ke mulut ke orang-orang terdekat.

Maka, kalian dapat memuaskan pelanggan tersebut dengan memberikan loyalty program seperti produk eksklusif atau pemberian produk secara cuma-cuma.

Dengan begitu, mereka akan tetap setia dengan kalian dan semakin mempromosikan barang jualan yang kalian tawarkan.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama