Cara Membuka Usaha Dibidang Makanan dengan Modal Kecil

Cara Membuka Usaha Dibidang Makanan dengan Modal Kecil


Cara Membuka Usaha Dibidang Makanan dengan Modal Kecil
Foto by Pixabay.com

Untuk memulai bisnis atau usaha kuliner dapat dikatakan tidak bergitu sulit jika anda paham terkait strategi dan cara yang tepat. Usaha bisnis di bidang makanan atau kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena makanan adalah kebutuhan primer bagi semua orang.

Cara untuk memulainya, anda dapat mengawali dari langkah-langkah yang terkecil terlebih dahulu. Jangan sekedar ikut-ikutan tapi anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk memulai bisnis kuliner dengan modal yang kecil, sebagaimana cara berikut yang dapat anda lakukan untuk memulainya;


1. Matangkan konsep


Langkah awal untuk memulai bisnis kuliner, anda harus mematangkan dulu konsepnya, seperti menunya atau bagaimana usaha akan dijalankan, kemudian menu akan dimasak sebelum ada pesanan atau sesudahnya?. Saat ini, banyak sekali menu yang disukai oleh konsumen, seperti minuman yang sedang tren adalah boba, kopi, dan es krim. Atau makanan jajanan pasar yang berupa; kue kering atau kue manis yakni donat, borwnis, pisang coklat dan sebagainya. Boleh juga aneka nasi dengan menu utamanya berupa ayam atau bebek, atau daging sapi.

Sangat penting untuk anda memikirkan keunikan, value, dan harga, karena itu akan membuat daya tarik bagi konsumen. Selain itu, matangkan juga konsep pemasarannya, apakah anda akan memulai dengan pemasaran  online sebagai mitra Gofood, GrabFood, dan ShopeeFood. Kemudian, anda juga harus memikirkan terkait tempat usaha, bentuk desai bothnya, gerobak jualan, display etalase, dan perlengkapan lainnya. Apabila anda tidak membuka lapak, bagaimana cara pesan antar akan dikelola? Siapa kurir yang akan mengantarkan pesanannya nanti?. Semua harus anda lakukan supaya terkonsep.


2. Survei, riset, dan kumpulkan informasi tentang peluang pasar


Penting sekali bagi anda yang ingin berbisnis untuk melakukan survei atau riset pasar yang tujuannya untuk mengetahui peluang dari kuliner yang akan anda pilih. Mengumpulkan berbagai informasi terkait pesaing bisnis yang ada adalah cara yang tepat. Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurang dari masing-masing pembisnisnya lainnya, karena dari situlah anda akan menemukan peluang apa yang terbuka untuk anda.


3. Buat strategi yang jelas


Rencana yang matang dan detail merupakan separuh dari keberhasilan usaha. Rencana usaha atau businees plan meliputi rencana keuangan, tim kerja, menu dan harga jual. Strategi pemasaran, dan waktu pelaksanaan.


4. Tempat usaha yang strategis


Untuk mengetahui tempat usaha anda strategis atau tidak, maka diperlukan melakukan pengamatan survei lapangan.


5. Ciptakan nama usaha dan menu


Tujuan untuk menciptakan nama dan merek usaha ialah supaya dapat dikenal oleh calon konsumen. Gunakan nama semenarik mungkin, agar menarik perhatian oleh para konsumen. Apabila nama usaha anda terdiri dari dua kata, maka pastikan salah satu kata tersebut merupakan keyword dari jenis menu yang dijual, dan kata lainnya adalah nama yang ada ciptakan.


6. Promosikan produk anda


Perkenalkan usaha anda ke berbagai media sosial, seperti IG, Facebook, Twiter, atau lainnya. Atau anda juga dapat bermitra dengan GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood untuk semakin dikenal.


7. Bentuk tim kerja


Bisnis kuliner anda akan sukses apabila terdapat bantuan dari tim kerja. Merekrut 1-2 orang asisten adalah salah satu cara memulai bisnis dengan modal keci supaya bisa berjalan dan berkembang cepat.


8. Siapkan modal


Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tentu bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah.


9. Pengembangan usaha


Langkah terakhir adalah anda harus memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkan usaha kuliner tersebut, supaya dapat menjual lebih banyak produk lagi. Salah satu pengembangan usaha yang dapat anda lakukan adalah; menambah menu atau produk terbaru, membuka cabang outlee, memperluas outlet yang ada, dan sebebagainya.

Itulah ulasan terkait cara memulai bisnis makanan dengan modal kecil, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama