6 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Bagi Pelaku Wirausaha

6 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Bagi Pelaku Wirausaha

 

6 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Bagi Pelaku Wirausaha

Memulai usaha sendiri tidaklah mudah, tentunya seseorang perlu mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Bahkan, seseorang perlu memiliki berbagai macam strategi agar usaha tersebut berhasil, dan tidak mengalami kerugian. Meski keberhasilan dan kegagalan dalam sebuah usaha sudah umum terjadi.

Namun alangkah lebih baiknya sebelum menjalankan sebuah usaha, seseorang mempelajari faktor apa saja yang menyebabkan keberhasilan dan kegagalan dalam wirausaha. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya kerugian agar usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, apabila Anda seorang yang ingin memulai sebuah usaha, wajib bagi Anda untuk membaca

artikel ini. Sebab, artikel ini akan membahas faktor keberhasilan dan kegagalan bagi pelaku wirausaha yang bisa dijadikan referensi untuk Anda meminimalisir risiko kegagalan sekaligus upaya meraih keberhasilan.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

1) Paham tentang dunia usaha

Seorang yang memiliki pengetahuan luas tentang dunia usaha tentu akan paham cara memulai sebuah usaha karena mereka tahu cara mencari peluang. Untuk itu, usaha yang dijalankan akan mudah diterima oleh masyarakat luas.

2) Visi usaha jelas

Setiap pelaku usaha perlu menentukan visi yang bisa memotivasi dan menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Hal dikarenakan visi yang jelas dapat menjadi landasan utama yang kuat dalam menjalankan usaha dan sarana dalam mengambil keputusan.

3) Berani mengambil risiko

Untuk memulai sebuah usaha, seseorang harus berani mencoba hal baru tanpa takut kegagalan sehingga berani menghadapi berbagai risiko usaha. Hal ini dikarenakan tidak semua usaha akan selalu berjalan mulus sehingga seseorang siap menghadapi segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

4) Memiliki jaringan yang luas

Dalam berbisnis, suatu relasi menjadi hal penting agar usaha seseorang semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas, bahkan bisa menarik banyak investor agar menanamkan modal sehingga peluang usaha untuk maju semakin terbuka lebar.

5) Memanfaat setiap peluang

 Sebagai pelaku usaha, seseorang harus mempunyai tekat dan niat yang kuat, bisa mengubah pola pikir, serta rajin dalam melakukan survei agar mampu memanfaatkan setiap peluang dengan baik untuk meningkatkan usahanya sekaligus dapat mempertahankan konsumen.

6) Paham cara mempromosikan produk

Adanya promosi yang tepat tentu akan meningkatkan penjualan produk. Hal ini dikarenakan promosi yang tepat tentu bisa meyakinkan konsumen bahwa produk yang ditawarkan memang bagus sehingga telah digunakan oleh banyak orang. Faktor Kegagalan Wirausaha

1) Tidak memiliki kreatifitas

Sebagian orang yang tidak memiliki kreatifitas, tentu mereka tidak akan bisa mengembangkan usahanya. Hal tersebut dikarenakan banyak orang masih memiliki perasaan takut untuk mencoba atau takut akan kegagalan, takut ditolak orang lain, dan selalu berpikir pasif

.2) SDM kurang kompeten

SDM yang kurang atau tidak kompeten tentu akan menyebabkan adanya kemunduran pada suatu perusahaan. Dalam hal ini, SDM yang kurang kompeten akan mengakibatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan menurun dan pengeluaran membengkak karena perusahaan harus merekrut karyawan baru demi mendapatkan SDM yang lebih baik.

3) Ragu-ragu dalam menjalankan usaha

Biasanya, keragu-raguan dalam berwirausaha berasal dari rasa trauma seseorang karena pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Untuk itu, seseorang perlu menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik dan memilih usaha sesuai dengan skill dan minat untuk menghindari keragu-raguan dalam berwirausaha.

4) Perencanaan awal yang kurang baik

Seseorang yang hanya modal nekat tanpa memikirkan pentingnya perencanaan awal, akibatnya usaha mereka akan mengalami kegagalan di pertengahan proses yang sedang berjalan. Dengan begitu, seseorang memerlukan rencana usaha yang matang sehingga siap menghadapi risiko yang mungkin terjadi.

5) Tidak mampu memanajemen keuangan usaha

Pengusaha yang tidak bisa memanajemen cash flow dengan baik, tentu usahanya akan terancam. Untuk itu, seorang pengusaha perlu memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, menyusun laporan pengeluaran dan pemasukan keuangan, serta menyiapkan keuangan untuk mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin saja terjadi.

 6) Lokasi usaha kurang Memadai

Umumnya, lokasi usaha yang kurang strategis akan turut menghambat kemajuan usaha. Dalam hal ini, seseorang perlu cermat dalam memilih lokasi agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Demikianlah ulasan tentang 6 faktor keberhasilan dan kegagalan bagi pelaku wirausaha di atas. Semoga bermanfaat!

x

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama