4 faktor yang memotivasi orang dalam bekerja

4 faktor yang memotivasi orang dalam bekerja


Ilustrasi Foto, banyaknya ornag sibuk demi mencari yang diharapkan
Ilustrasi Foto, banyaknya orang sibuk demi mencari yang diharapkan

Mendapatkan Pekerjaan merupakan suatu hal yang pasti diimpikan oleh setiap orang. Melalui bekerja orang-orang akan memperoleh hasil dari jeri payahnya tersebut. Orang yang sudah bekerja bisa dikatakan sudah mandiri dalam menghasilkan finansial dalam hidupnya. Keharusan untuk bekerja pasti mau tidak mau dilakukan oleh setiap orang untuk mencapaian kehidupan yang lebih baik dan juga demi keberlangan hidupnya. 

Pekerjaan diperoleh dengan cara mencari informasi lowongan kerja yang diberikan oleh tempat usaha yang membutuhkan seperti perseroan terbatas (PT), CV, UKM, atau perorangan. Berbagai media pun seperti koran,media berita online, media sosial ikut serta meramaikan iklan lowongan kerja yang bisa digunakan sebagai informasi. 


Tingkat pengangguran yang makin hari semakin tinggi. Di kutip dari data BPS (2019), terdapat perbandingan 5 : 100 yakni 100 orang yang sudah bekerja ada 1 orang yang menganggur, meskipun data tersebut menyebutkan bahwa tingkat pengangguran dari 2015- agustus 2019 mengalami penurunan sebesar 0.23 % akan tetapi masih sulit untuk bisa dikategorikan berkecukupan. Faktor-faktor yang mempengaruhinya salah satunya ingkat inflansi. 


Selain sektor produksi skala menengah dan besar, peluarng pekerjaan juga bisa diperoleh dari usaha skeala menenga mikro (kecil)  biasanya dimiliki orleh perorangan yang pelakunya disebut wiraswasta dan pekerjanya baru di sebut pekerja swasta. Menjadi seorang wiraswastab juga harus mempunyai motivasi yang kuat agar bisa mnejadi sukses. banyak sekali tantanganya, selain itu juga wiraswasta yang terbatas dengan modal akan kalah bersaing dengan kompetitor besar yang banyak menjual harga di bawah harga pasar sehingga membuat perang tarif yang tidak sehat. 

Kita bisa bilang sekarang jaman sulit dan susah tetapi kalau kita tidak berusaha juga akan tambah susa. bekerja menurut saya sangat lebih baik ketimbang meratapi kesusahn hidup. Meskipun kenyataanya memang demikian.  Beberapa hal yang kamu peroleh apabila bekerja : 

1. Terpenuhinya kebutuhan hidup
2. Lebih dihargai karena mempunyai penghasilan
3. Bisa mandiri tanpa tergantung orang lain 


Karena Kebutuhan setiap kelurga di indonesia bisa dihitung berdasarkan UMR atau UMK masing-masing daerah masih dirasa belum terpenuhi dalam taraf sejahtera. Oleh sebab itu tuntutan para buruh selalu ada karena memang kondisi kebutuhan yang semakin banyak ditambah lagi sosial politik yang belum stabil. Melihat dari permasalahan tersebut saya berpikir faktor apa saja yang menyebabkan orang semangat untuk mencari sebuah pekerjaan bahkan bisa dibilang kerja mati-matian buat menghidupi kelurganya. Saya mencari referensi yang muncul dari rasa penasaran saya.


1. Keinginan Untuk Hidup 

Telah kita bahas di atas bahwa orang hidup pasti memerlukan kebutuhan untuk beberlangsungan hidupnya tanpa bekerja orang tidak bisa membeli kebutuhanya tersebut terutama kebutuhan pangan.

3. Keinginan untuk suatu posisi

Bekerja pada sebuah perusahaan atau sebuah lembaga pasti kita mencari prestasi. Melalui prestasi kerja yang baik amak kita akan mendapatkan reward kenaikan gaji, isentif , fasilitas atau lain sebagainya. 


4. Keinginan akan kekuasaan

Terkadang orang tidak sekdar mencari penghasilan posisi untuk bekerja mencari kekuasaan. Karena apa?. kekuasaan bisa membuat segalanya terjadi. bahkan kekuasaan kita lebih dihormati, lebih dihargai tentunya lebih banyak pengaruhnya untuk keuntungan bahkan politik, wajar orang sampai sikut kanan sikut kiri menghalalkan segala cara untuk memperlehnya. hidup itu pilhan apakah mau pilih ke arah yang baik atau \pun buruk. 


5. Keinginan akan pengakuan

biasanay selain diri sendiri suatu kelompok juga menginkan kebutuhan akan sebuah pengakuan. lebih dihargai dan dihormati. 



Sumber referensi :
Peterson dan plowman dalam hasibuan (2005:142)







Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama