Jatuh Cinta Pada Buku

Jatuh Cinta Pada Buku

 Jatuh cinta Pada Buku


Halo sobat semua, Masih ditemani Oleh Satria Apa kabar nih? Semoga kita sehat dan bahagia selalu. Lama Tidak menulis kali ini Aku akan mengulas tentang apa saja manfaat membaca buku secara rutin tentunya berdasarkan pengalaman yang aku alami. Mari simak sampai habis agar menjadi pembaca yang cerdas.

Terkadang begitu banyak kesibukan yang kita lakukan sehari-hari tanpa terasa waktu pun berlalu begitu cepat.  Pepatah Bijak mengatakan " Waktu adalah pedang, apabila tidak bisa mengaturnya akan membunuhmu!" ada pula yang mengatakan "waktu adalah uang atau  Time is money." Apapun kata pepatah apabila kita tidak merenungi dan memahami maknanya maka kita biasa-biasa saja hanya sebatas perkataan. Padahal waktu tidak bisa kembali dan waktu akan berlalu seiring bertambahnya usia kita " Usia bertambah namun menyia-nyiakan waktu sama saja dengan hari kemarin" begitu ruginya kita tidak diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. 


Salah satu Kegiatan yang sangat bermanfaat buat mengisi waktu luang yaitu membaca buku. Sulit memang apabila belum terbiasa membaca sebuah buku. ada yang bilang " melihatnya saja kepalaku sudah pusing apalagi harus membacanya.'' bahkan ada yang bilang "Untuk apa membaca buku kalau sekarang zaman canggih, kita bisa mencari informasi melalui gawai (gadget) atau melalui video tutorial seperti youtube dan kanal informasi lainya. Ilmu memang bisa didapat dari mana saja, akan tetapi cara memperolehnya dan juga manfaat dari selain ilmu yang bisa diperoleh menjadi daya tertarik makanya banyak sekali orang yang sudah kecanduan membaca buku akan selalu pusing bila tidak membaca. He..he..malah sebaliknya bukan?

Membaca buku identik dengan orang yang berkacamata dan cupu (culun punya) karena kerjaanya di pepustakaan selalu teoritis atau takut dicap orang yang tidak mau bergaul dengan teman-temanya serta bisa dibilang kutu buku. Bagi orang-orang yang punya pemikiran seperti itu kemunkinan belum merasakan manfaat membaca buku bagi kesehatan mental dan jiwa. 

Ini fakta, terjadi pada diriku apa yang kurasakan benar-benar aku alami maka aku berniat untuk membagikan kisahku tertarik dengan dunia buku. Literasi bagiku dahulu tidak penting sama seperti orang-orang bilang "membaca hal yang begitu membosankan." membaca juga bagiku dahulu tidak bermanfaat apabila tidak dihafal, pemikiran yang begitu kolot bagiku sekarang karena ketidak tahuanku. 

Berawal dari sulitnya kehidupan ini ketika cobaan hidup menerpaku semasa aku bekerja dan memutuskan untuk berhenti bekerja. Kesulitan ekonomi menghampiri biasanya aku mendapatkan penghasilan dan dibulan pertama ketika tidak bekerja lagi mulai streslah karena kebutuhan banyak meskipun belum menikah kalah itu. Aku berpikir Tuhan tidak adil dan dunia terasa akan kiamat karena hidup tidak begitu bermakna, namun saat itu  tidak sampai berpikir untuk bunuh diri cuma level  merasa 5 %  merasa hidup tiada berguna terlepas dari himpitan ekonomi yang aku alami. Sulit bangkit, keterpurukan membuatku hilang energi untuk melihat indahnya hidup.  

Mulailah aku mendapatkan jalan petunjuk melalui sebuah video dari youtube. Kalau tidak salah milik akun seorang anak aku lupa namanya yang menceritakan bahwa dia anak yatim piatu dan dibesarkan oleh seorang nenek. Merasa sepi menjalani hari demi hari dia mulai berpikir apa yang bisa menemaninya agar dia merasa semangat dan ada yang selalu memberi semangat. Akhirnya dia menemukan jalanya yaitu dengan cara membaca buku. Aku terinspirasi melalui beliau akhirnya aku mencoba untuk membaca buku, tetapi kepalaku pusing sampai pada akhirnya aku coba lagi dan coba lagi malah banyak pikiranku dengan kosa kata yang memberatkan pikiranku saja. Oleh sebab itu bagaimana caranya aga termotivasi seperti cerita si Anak aku mulai mencari artikel manfaat membaca buku. Kebanyakan memang benar membaca buku memberikan kita manfaat yang luar biasa pada saat itu  mulailah  Jatuh cinta Pada Buku.

Seperti terbawa ke sebuah arus perjalanan yang luar biasa selang beberapa bulan akupun bertemu dengan seorang youtuber satu daerah denganku. Beliau mereview content-content yang bermanfaat di youtube, akupun sempat tercengang dangan banyaknya subcribe akun youtubenya. Padahal bagiku dahulu beliau biasa-biasa saja memang awal bertemu denganya saya lihat dia suka bawa buku ke mana-mana salah satunya di dalam kendaraan umum seperti bus. Beliau kemudian mengatakan kepada saya bahwa sebelum mereview di youtube Bisa dikatakan buku merupakan sumber krusial yang paling utama sebagai bahan mentah untuk mengolah sebelum kita unggah memberikan sebuah ilmu. Wah..ternyata rahasianya semuanya harus ada ilmunya ya. mulai keluar rasa penyesalan selama ini menyia-nyiakan waktu luang hanya buat bersenang-senang padahal membaca sebuah buku justru itu awal kesuksesan (versi ku).

Hari demi hari aku lalui mulailah tertarik membaca buku sesuai genre tertentu. Manfaat bukupun mulai terasa yang tadinya saya murung akhirnya saya penuh semangat untuk beraktifitas mencari solusi. benar adanya atas izin Alloh swt ide-idepun muncul dan memberi kan jalan keluar atas persoalan-persolan hidup yang ku alami. Di bawah ini beberapa manfaat membaca sesuai apa yang ku rasakan

1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Kegiatan membaca merupakan upaya menyerap ilmu yang diberikan oleh pengarang. Ilmu tersebut seperti air yang ditumpahkan ke dalam sebuah gelas. Nah, gelasnya itu diri kita apakah kita ingin menjadi gelas yang menerima air dengan  baik tanpa tumpah, maka membaca dengan hati-hati dan teliti serta diresapi akan masuk ke dalam otak kita dengan baik.

2. Menemukan Banyak ide kreatif dan kinerja otak semakin aktif

Jangan berpikir otak tidak seperti anggota tubuh lainya otak juga harus rajin dilatih kalau tidak dia akan tumpul. selain nutrisi otak yang terbiasa berpikir akan dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas yang begitu berat tugas ibaratnya pekerjaan kita yang dituntut menggunakan pemikiran. Otak yang sering terlatih tentunya akan mudah menemukan ide-ide kreatif. 

3. Meningkatkan Fokus

Kehidupan  ini tidak terlepas dari yang namanya multitasking (melakukan pekerjaan secara bersamaan) meskipun tidak setiap waktu. Percaya atau tidak aku sendiri pernah membandingkan ketika aku rajin membaca cara multitasking lebih mudah dilakukan berarti tingkat fokus kita lebih baik daripada kita sedikit membaca.

4. Memberikan ketenangan dan kebahagiaan

Menghilangkan jenuh atau pusing dengan pekerjaan banyak orang mencari solusinya dengan cara jalan-jalan ke tempat menarik, minum teh sambil santai di depan rumah, jalan-jalan ke mal, menonton bioskop atau bisa juga minum kopi. Banyak cara memang tetapi ternyata membaca buku bagiku juga bisa membuat diri kita lebih tenang dan bahagia karena otak kita merasa rileks. Contohnya apabila kita membaca novel bagus kita rela berjam-jam melihat buku tersebut karena merasa senang dan menikmati setiap karakter yang diperankan di novel tersebut. Selain itu juga beberapa artikel mengulas bahwa pernah dilakukan penelitian membaca buku bisa menghilangkan stress yang lebih baik.


Masih banyak lagi manfaat dari membaca buku, namun yang lebih penting jatuh cintalah pada buku. Buku sahabatmu, buku akan mengarahkanmu ke kehidupan yang lebih baik walaupun tidak semua orang membaca buku akan dijamin sukses tetapi telah menempuh cara yang lebih baik ketimbang tidak membaca buku. 

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama