Kiat Merintis Usaha Sendiri


Di dunia ini orang berlomba - lomba ingin hidup bebas dari berbagai tekanan kehidupan. Sesuatu hal yang dijalani sekarang terkadang lupa untuk difokuskan ingin banyak sekali sesuatu hal yang perlu di capai..he..he..namanya juga manusia

Kita menjalankan peran masing-masing harus sesuai dengan kemampuan dan juga melakukanya secara sungguh-sungguh sebab apabila tidak sungguh-sungguh maka usaha kita tidak tumbuh secara maksimal.

Menjadi seorang pengusaha itu sesuatu yang sangat memberi tantangan kita dituntut berani menghadapi berbagai persoalan jangan hanya semangat di awal dan pertengahan perjalanan sudah menyerah terlebih dahulu. 

Energik dan semangat tentu harus dimiliki agar anda bisa memimpin diri sendiri sehingga anak buah anda menjadi lebih produktif karena pemimpinya kan semangat.

Sebelum kita membahas mengapa anda perlu kiat khusus agar sukses dibidang usaha saya jabarkan mengapa pentingnya dan beruntungnya menjadi pengusaha.

Bisa memberikan peluang kerja 

Dari berbagai sumber yang saya kutip bahwa di negara kita ini banyak angka lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur atau belum bekerja. Ini menjadi PR kita semua bahwa yang dipikirkan generasi selanjutnya adalah bagaimana bermindset wirausaha bukan lulus selalu menjadi karyawan. 

Meskipun saya hanya memberikan semangat tetapi tidak salahnya saya menuliskan kesadaran ini agar kedepanya negeri ini mampu mencetak para milenial yang berfokus pada bisnis. Tidak menutup kemunkinan negara ini akan maju. 

Untuk kasus sekarang banyaknya angka permintaan kerja ketimbang pemberi kerja dengan rasio yang tinggi ini maka bagi rekan-rekan yang sekiranya mempunyai modal dalam hal ide kreatif, modal materi dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang hebat sangat dianjurkan menjadilah seorang pengusaha supaya bisa membantu rekan-rekan yang belum bekerja bagi saya sendiri seorang pengusaha itu juga pahlawan yang perlu diperhitungkan 

Semoga kedepanya banyak lembaga-lembaga yang terfokus pada sekolah tinggi praktek dan teori yang seimbang dalam jurusan bisnis maupun marketing.

Gali potensi bahan primer lokal yang dibutuhkan untuk diolah kemudian dijual

Salah satu hal yang perlu kita syukuri adalah indonesia negara yang melimpah ruah kekayaan alam dan juga hasil bumi bila kita olah dengan baik.

Hasil pertanian contohnya : saya pernah melihat salah satu daerah harga singkong Rp. 2.500,- untuk sekarang sebenarnya apabila kita bersungguh mengolahnya menjadi hal yang berbeda bisa bernilai tinggi semisal diolah menjadi bolu singkong yang apabila dibuat dengan mempelajari teknologi pangan maka akan bernilai berbeda dari sebelumnya apalagi singkong juga termasuk tanaman yang tidak begitu sulit dalam hal menanamnya. 

Akan tetapi perlu dukungan dan bersungguh-sungguh dari segi pemasaranya juga dan bagaimana bisa memberi kesan bahwa hal sederhana bisa menjadi luar biasa. Tentunya masih banyak lagi ide lainya saya yakin generasi milenial lebih cemerlang karena banyak akses di era terbuka internet seperti sekarang ini.

Survei pasar terlebih dahulu

Ada beberapa perusahaan dalam meluncurkan sebuah produk membuat riset pasar terlebih dahulu. Contohnya saja ketika kita berselancar online kita pernah menemui disuruh mengisi survei dan ada juga mereview produk mereka kemudian kita dibayar. Tentunya pernah mendengar meskipun tidak ikutan survei he...he...gk ada kuota setidaknya setiap perusahaan melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Kalau ingin membuat survey pasar kecil-kecilan menurut saya pribadi lebih ke tester apabila produk kita berupa makanan maka tester ini bisa menjadi bagian dari hal yang paling utama sebab setiap orang rata-rata di wilayah tertentu mempunyai selera yang berbeda sesuai kebiasaan maupun lidah masing-masing ya. Nah dari beberapa orang yang kita tester minta masukan dari mereka agar produk yang kita jual benar-benar sesuai dengan selera mereka dengan demikian produk kita bisa laku di pasaran. 

Apabila anda berniat menjual produk yang bukan produk makanan semisal nih anda mau menjual butik pakaian hasil kreasi sendiri. Buatkan dulu dalam 3d (3 dimensi) produk-produk yang ingin anda pasarkan apakah pasar menginginkan trend fashion seperti itu atau tidak. Apalagi dalam hal fashion harus mengikuti gaya kekinian agar terlihat lebih mengikuti mode.

Semua bidang dalam bisnis pasti perlu adanya survei terlebih dahulu agar mendapatkan kepastian karena sesuatu hal yang mendekati pasti itu baik..he..he..walaupun di dunia ini tidak ada yang pasti.

Survei lokasi apabila offline dan Gunakan teknologi digital marketing apabila online

Meskipun sekarang sudah semuanya go online alangkah baiknya kita punya usaha offline yang bisa dikunjungi pelanggan. Selain itu juga dalam hal kuliner tempat itu pasti diperlukan karena menggunakan jasa pesan antar via Gojek, grab dll. 

Semakin berada dilokasi yang strategis dan trafik pembeli banyak maka kemunkinan bisa banyak yang order. 

Apabila kamu menjual produk online pembeli akan berpikir wilayah yang paling dekat dari dia juga berpengaruh akan dibeli karena proses pengiriman tidak lama lebih murah dan cepat. Untuk return juga tidak perlu jauh-jauh bahkan bisa datang langsung.

Munkin itu kiat sederhana dari saya. Goodluck sobat.


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama