Cara Menjadi Penjual Yang Hebat

Cara Menjadi Penjual Yang Hebat

 


Diantara banyaknya manusia di muka bumi ini. Tidak ada satu orangpun yang selalu disukai banyak orang, melainkan pasti ada beberapa persenya tidak menyukai orang tersebut. 


Begitu sebaliknya diri kita, jelas lebih paham siapa yang suka dan tidak suka dengan beragam apapun yang kita lakukan. Baik dalam hal dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.  


Dalam dunia kerja misalnya, kita akan menemui beberapa pelanggan dan target yang dituju tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sudah melakukan beberapa cara, perjuangan pendekatan, pemberian diskon, produk yang berkualitas.


Namun, semua itu dirasa sia-sia bahkan penolakan yang cenderung terang-terangan di depan kita.

 

Menyebabkan diri kita patah semangat dan merasa apa yang kita lakukan merupakan pengalaman yang pahit. Apalagi bagi kamu seorang marketing yang dituntut untuk menjadi lebih aktif dalam menghasilkan sebuah pencapaian.

 

Saya menjumpai rekan-rekan saya dalam dunia marketing dan sempat bertanya bagaimana tips dalam penjualan, rekan saya menjawab kembali lagi ke pada diri kita. Yaitu strategi dan cara pendekatan persuasif yang lebih intens biasanya akan menghasilkan hasil yang maksimal.

 

Ya kudu sering ngasih penawaran baik bagaimana biar konsumen mempunyai daya tarik terhadap produk kita, baik kuantitas penawaran maupun kualitas dari bagaimana kita menawarkan sebuah produk.

Saya bukan seorang entrepenuer, Cuma saya membagikan apa yang saya pahami dan saya pelajari terhadap rekan-rekan saya yang ada di dunia marketing.

 

Pahami Apa Keinginan Pelanggan

 

Dalam dunia penjualan, kita harus jeli mana memang tempat yang cocok untuk kita memasarkan produk kita. Terlebih jika kita melakukan penjualan secara mulut ke mulu atau Door to doo. Ada berbagai aspek dari budaya sosial, ekonomi, Perilaku pelanggan, dan masih lain sebagainya.

 

Kita ambil contoh kita menjual sebuah produk pendingin ruangan, namun kita berjualan di daerah dengan iklim super dingin, kemunkinan peluang terjual sangat sedikit. Jadi sesuai apa yang memang diinginkan oleh pelanggan.

 

Cara sederhananya, kamu bisa lihat barang apa saja yang mereka punyai sesuai apa yang kita lihat. Kemudian kita buat list harga dari barang-barang yang kebanyakan mereka miliki. Kita bisa melihat kisaran barang apa saja yang terjangkau untuk mereka beli.


Selain itu, kita juga bisa melihat brand-brand apa saja yang mereka beli, sehingga kita lebih mudah dalam membuat kesimpulan.

 

Jadilah Penjual Yang Memberikan Solusi Bukan Sekedar Menawarkan

 

Penjual yang terkesan memaksa suatu produk, akan membuat calon pembeli merasa itu hanya strategi marketing. Dengan jurus berbagai macam rayuan, dan juga jurus jitu beli 2 gratis 1, tetapi apabila kita bertemu dengan calon pembeli yang smart. 


Mereka akan berpikir “ Apa sih yang aku harapkan kok langsung aja tanpa jedah menawarkan produk.”

Pembeli bertanya ke penjual terkadang juga dia mempunyai keresahan akan masalah yang ia hadapi. Banyak produk yang sudah dibeli hasilnya masih nihil, kita jelaskan terlebih dahulu permasalahan apa yang sedang mereka hadapi. 


Kita berikan solusi yang benar-benar membuat pelanggan, orang ini bukan menjual produk tetapi lebih ke solusi dari permasalahan yang ia hadapi.

 

Ada 2 manfaat yang akan kita peroleh dari menjual produk dengan cara penyuluhan memberikan solusi ini, pertama kita akan bertambah wawasan dari produk yang akan kita jual, kedua kita lebih memahami apa saja keinginan seorang konsumen, ketiga dengan memberikan wawasan kita berarti memberikan hal kebaikan yang bermanfaat untuk orang lain.  

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama