Langkah-langkah Membuat Artikel Menarik Pembaca

Langkah-langkah Membuat Artikel Menarik Pembaca

 

Langkah-langkah  Membuat Artikel  Menarik Pembaca

Bekerja sebagai penulis merupakan pekerjaan yang mulia, asyik dan mempunyai beragam manfaat. Pada saat kita membaca sebuah tulisan di internet, buku, majalah, Koran, maupun di media lainya, kita mengikuti alur paragraph bagaimana seorang penulis mampu mencurahkan hasil dari pemikiranya dengan baik. Terselip pada pikiran kita bagaimana bisa menjadi seperti mereka bisa merangkai kata dengan baik.

Permasalahan yang sering terjadi kita punya motivasi tinggi menginginkan menjadi seorang penulis. Namun, menginginkan serba instan dan cepat tanpa berpikir semua itu perlu latihan agar mempunyai banyak pengalaman dalam menulis. Menurut saya pribadi menulis itu dinikmati saja namun rutin, apabila rutin akan menjadi terbiasa dan lebih mudah apabila kita melakukan penulisan.

Melatih diri untuk menulis membuat diri kita bisa dengan mudah menghubungkan kalimat demi kalimat, menyampaikan maksud dan pesan yang ingin disampaikan secara lebih baik. Melatih diri untuk menulis sebuah artikel juga mengharuskan diri kita mencari referensi yang bisa dijadikan sumber rujukan, menjadi fakta, menjadi dasar apa yang melatar belakangi kita menulis, apabila kita rajin melatih diri untuk menulis akan membuat diri kita juga rajin untuk membaca. Seperti sebuah air kita harus menimba air untuk diberikan ke sebuah ember, kita harus mencari sumber ilmu untuk bisa mencurahkan sebuah ilmu.

Saya akan membagikan bagaimana caranya membuat sebuah artikel yang kita sendiri sebelumnya kesulitan memulai dari mana, baiklah mari kita simak:

1.      TEMA TULISAN

Merupakan pembahasan yang akan kita sampaikan dan bagaimana pemecahan masalah yang akan kita sampaikan secara umum. Lebih enak memahaminya bahwa topik merupakan konsep secara keseluruhan. Sepeter contoh Tema dari blog kita ada “motivasi” nah motivasi kan masih umum maka kita ingin lebih merucut lagi maka menjadi “motivasi belajar” di sini berarti pembahasan secara keseluruhan tentang motiivasi belajar yaitu bagaimana seseorang bisa memperoleh dorongan untuk melakukan kegiatan belajar.

2.      TOPIK TULISAN

Topik merupakan pokok pembahasan yang akan kita bahas, namun mempunyai batasan. Hampir mirip dari Tema, tetapi topik mempunyai batasanya seperti contoh “motivasi belajar” nah di sini kita merucutkan kembali dari Tema yaitu pokok pembahasan dari sebuah motivasi belajar itu apa misalnya Penyebab hilangnya motivasi belajar, Motivasi dating dari orang lain, cara meningkatkan motivasi belajar, dan masih masih banyak contoh lainya.

3.      JUDUL TULISAN

Merupakan isi dari sebuah karangan, judul merupakan isi dari pembahasan sebuah paragraph yang kita tulis. Tentunya judul lebih terbatas mencakup apa yang kita bahasa pada point di bawah sebuah topik pembahasan. Sebuah judul harus mewakili dari apa yang kita tulis, kita harus lebih cakap dalam mengambil sebuah ringkasan dari pargraf yang kita tulis.

Seteleh kita memahami dari beberapa point di atas, pastinya kita sudah menemukan judul yang pas dari artikel yang akan kita tulis. Bisa juga kamu membuat tema dan topic terlebih dahulu kemudian menulis sebuah paragraph dengan demikian mendapatkan apa yang dibahas dan bisa dijadikan sebuah judul. Namun biar tulisan kita fokus pada satu tujuan alangkah baiknya mengikuti sistematikan yang telah diuraikan di atas.

LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT SEBUAR ARTIKEL YANG BAIK

A.     JUDUL MENGUNAKAN KALIMAT AKTIF

Kalimat Judul yang sering kita temui di internet ada yang membuat penasaran pembaca sehingga ingin membaca secara keseluruhan, ada yang membuat orang aneh akan makna judul baik positif atau negatif membuat pembaca ingin membaca. Ada juga judul yang mana maknanya 2 judul dikasih koma, sehingga orang membaca sekaligus dengan 2 judul yang berbeda dalam satu judul.

Dalam ilmu pengatahuan bahasa judul dengan kalimat aktif sangat di anjurkan. Menggunakan judul kalimat aktif membuat subjek melakukan sesuatu hal, dan membuat sesuatu hal yang akan disampaikan mempunyai keterangan. Membuat pembaca mengetahui isi dari sebuah tulisan.

Contoh judul menggunakakan kalimat aktif Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), dan keterangan (K). contohnya : Kalimat aktif : Penulis dapat membuat pembacanya terkagum, sedangkan kalimat pasifnya, Pembaca dapat dibuat kagum oleh seorang penulis. Dan masih banyak contoh lainya.

B.      TULISLAH JUDUL YANG MEMBUAT PENASARAN PEMBACA

Terkadang dalam menulis sebuah artikel kita harus mempunyai trik khusus. Beberapa metode yang saya gunakan terkadang membuat pembaca merasa penasaran dengan tulisan saya. Apabila pembaca merasa penasaran dengan tulisan  akan membuat pembaca melanjutkan membaca secara keseluruhan.

Kalimat yang bisa membuat penasaran pembaca disebabkan oleh kalimat Tanya, kalimat berlawanan dari makna sebenarnya, kalimat khiasan. Akan tetapi bukan judul hoaks yang menjebak pembaca dengan kandungan isi yang tidak sesuai. Contohnya, Yakin Kamu Bakal melupakan tempat wisata in ?, Makanan ini mengandung zat kontra dengan kesehatan, dan buatlah ide semanarik munkin agar pembaca semakin penasaran dengan judul yang kamu buat.

C. ISI PARAGRAF 

C.      Sebuah paragrap sebaiknya menggunakan susunan kalimat yang baik dan mudah dimengerti oleh pembaca. Artikel mempunyai banyak pembaca dengan latar belakang yang berbeda. Penggunaan kalimat yang mudah dimengerti lebih disarankan. Dan, kalimat yang membahas pokok pembahasan dari sebuah artikel lebih di sukai. Kebanyakan pembaca tidak mau berlama-lama dan bisa memperoleh artikel yang bisa menjadi jawaban atas apa yang pembaca cari.  Saya pribadi menyarankan menggunakan kalimat deduktif yang merupakan pokok pembahasan berada di awal dari sebuah paragraf. Baca Juga : Jadikan hobi menulis menghasilkan uang




ff



B

f


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama